Jawa Pos

Pemelihara­an Rel untuk Persiapan Mudik Lebaran

-

NGANJUK – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun melakukan perawatan rel kereta api (KA). Selain pemelihara­an rutin setiap hari, mereka menyiapkan­nya sebagai jalur Lebaran. Dengan begitu, perjalanan KA menjadi lebih lancar.

Saat dimintai konfirmasi, Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto membenarka­n adanya hal tersebut. Dia menyatakan, pemelihara­an rel dilakukan secara rutin setiap hari. Untuk wilayah Kabupaten Nganjuk, ada tiga regu yang ditugaskan melakukan pengecekan di lapangan.

’’Mereka melakukan kontrol setiap harinya,’’ kata Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Nganjuk kemarin.

Di setiap regu, ungkap dia, ada sekitar sepuluh orang yang bertugas. Mereka melakukan pemelihara­an dari wilayah Baron sampai Kecamatan Wilangan. Biasanya, per regu sudah dibagi panjang kilometer (km). ’’Jadi, ada wilayahnya masing-masing,’’ terangnya.

Pengecekan tersebut bermacamma­cam. Itu bergantung temuan di lapangan. Supriyanto menerangka­n, petugasnya bisa saja hanya membersihk­an rumput dan ilalang di sekitar rel. Namun, ada juga yang sampai melakukan perbaikan. ’’Kalau pengecekan ringan, hanya membersihk­an rumput,’’ ungkap pria berkacamat­a tersebut.

Setiap hari, lanjut Supriyanto, petugas regu selalu menyisir rel di wilayahnya. Begitu ada temuan kerusakan atau kendala, mereka segera menindakla­njutinya.

Misalnya, perawatan rel KA di ring 54 di Kelurahan Kauman, Kecamatan Nganjuk, kemarin. Berdasar pantauan koran ini, mulai pukul 10.00, petugas melakukan penghalusa­n rel KA dengan mesin gerinda. Mereka juga melakukan pengelasan di beberapa bagian.

Perawatan itu, kata Supriyanto, bertujuan meratakan alas rel yang dilewati roda kereta api. Dengan demikian, ketika kereta melintas, tidak terjadi gronjalan (tidak mulus). (baz/c22/diq)

 ?? JAWA POS RADAR NGANJUK ?? RUTIN: Petugas PT KAI Daop 7 Madiun melakukan pemelihara­an rel kemarin.
JAWA POS RADAR NGANJUK RUTIN: Petugas PT KAI Daop 7 Madiun melakukan pemelihara­an rel kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia