Jawa Pos

Kebakaran, Siswa TK Berhambura­n

-

MAGETAN – Guru dan puluhan siswa TK Bina Putra Ngariboyo siang kemarin (16/5) panik. Mereka langsung berhambura­n menjauh begitu mengetahui salah satu bagian gedung sekolah terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, Mardiah, seorang guru TK A, harus dibawa ke ruang instalasi gawat darurat (IGD) RSUD dr Sayidiman untuk dirawat setelah wajahnya terkena api. ”Saya lari, menangis sambil minta tolong,” jelas Aurel, siswa TK B.

Berdasar informasi yang dihimpun, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 08.30. Saat itu Mardiah dan Hariyati, kepala TK Bina Putra, memberikan pelatihan kepada 26 anak didiknya di teras sekolah.

Pelatihan pentas seni itu diberikan sebagai persiapan pelepasan siswa TK B. Tiba-tiba terdengar teriakan kebakaran dari seseorang yang tinggal tepat di belakang kompleks sekolah. Seketika latihan dihentikan. Api berkobar dan asap sudah membubung dari atap dapur sekolah.

Hariyati langsung menggiring puluhan anak didiknya menjauh. Pada saat bersamaan, Mardiah nekat masuk ke dapur kendati kobaran api semakin besar. Dia berupaya melepas regulator kompor yang tersambung pada tabung gas. Hal itu dilakukan untuk mengantisi­pasi terjadinya ledakan.

Namun, sebelum melakukann­ya, wajah perempuan tersebut terkena api. Dia langsung keluar sambil merintih kesakitan. Warga lalu menolongny­a. M ardi ah dirawat di Puskesmas N g ari boyo sebelum dirujuk ke RS U D d r S a y id iman. ”Wajah saya memerah, rasanya panas,’’ jelas Mardiah saat ditemui di IGD.

Untung, api langsung bisa dijinakkan pemadam kebakaran (damkar) dibantu warga setempat. Si jago merah hanya menghangus­kan bagian dapur dan atap, tidak sampai menjalar ke ruang belajar kelas TK A dan B maupun tempat pendidikan Alquran (TPA) di sebelah dapur.

Sementara itu, Kapolsek Ngariboyo AKP Iin Pelangi menyatakan, kebakaran diduga dipicu api kompor. Dugaan tersebut berdasar keterangan saksi yang menyebutka­n bahwa ada salah seorang guru yang memasak air. ”Diduga kelupaan. Tapi, penyebab pastinya masih kami selidiki. Ada kompor gas dan tabung elpiji yang kami bawa untuk diidentifi­kasi lebih lanjut,’’ ujarnya. (cor/isd/c23/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia