Jawa Pos

Cyber Crime Asing Bermarkas di Gudang

Sasarannya Pejabat Taiwan dan Tiongkok yang Korupsi

-

MEDAN – Tengara Indonesia menjadi salah satu surga bagi penjahat cyber crime internasio­nal bukan isapan jempol. Sebanyak 78 warga negara asing (WNA) asal Taiwan dan Tiongkok yang menjadi pelaku kriminalit­as dunia maya itu berhasil dibongkar kerja sama Polda Sumut, Mabes Polri, dan Interpol.

Tempat persembuny­ian komplotan penipuan itu cukup apik dan tak terpantau. Sebuah gudang di jalan besar Tanjungmor­awa– Kualanamu, tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmor­awa, Kabupaten Deli Serdang, jadi lokasi beraksi mereka.

Di gudang terpencil tersebut, dibangun bilik-bilik kamar, dapur, dan toilet bagi puluhan WNA yang tergabung dalam komplotan pelaku cyber crime itu.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrims­us) Poldasu Kombes Pol Toga Panjaitan menyatakan, para pelaku memeras pejabat-pejabat di Taiwan dan Tiongkok yang tersandung masalah hukum.

”Jadi, pejabat di Taiwan maupun Tiongkok yang bermasalah hu- kum dihubungi mereka yang berpura-pura menjadi polisi antikorups­i. Kemudian, mereka meminta sejumlah uang dengan janji masalah hukum yang menimpa pejabat tadi dihentikan,” jelas Toga saat menggelar konferensi pers di lokasi kemarin (16/5).

Tercatat ada 78 WNA asal Taiwan dan Tiongkok, baik laki-laki maupun perempuan, dalam gudang persembuny­ian itu. Sebanyak 24 di antara 78 orang yang diamankan merupakan warga negara Taiwan, sedangkan 54 orang lainnya dari Tiongkok. Dari jumlah tersebut, ada 49 laki-laki, sisanya 29 perempuan.

Untuk paspor sendiri, lanjut Toga, mereka umumnya menggunaka­n visa berwisata selama sebulan. Paspor mereka masih berlaku saat diamankan pihak kepolisian. ”Mereka masuk ke sini tidak secara bersamaan, namun sendiri-sendiri. Untuk mengelabui petugas, mereka masuk ke Medan dari gerbang kedatangan domestik. Sementara itu, dari negeri asalnya ke Indonesia, ada yang masuk dari Riau, Jakarta, dan Palembang,” katanya.

Selain 78 warga Tiongkok dan Taiwan, polisi mengamanka­n lima warga Deli Serdang yang ber tugas menyuplai kebutuhan. (dvs/c23/ami)

 ?? SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG ?? KERUK MILIARAN: Sebagian anggota komplotan penjahat dunia maya yang digerebek di kawasan Tanjung Morawa, Deli Serdang.
SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG KERUK MILIARAN: Sebagian anggota komplotan penjahat dunia maya yang digerebek di kawasan Tanjung Morawa, Deli Serdang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia