Jawa Pos

Segera Tambah Dua JPO Ahmad Yani

-

SURABAYA – Pejalan kaki di sepanjang Jalan Ahmad Yani akan mendapat tambahan layanan jembatan penyeberan­gan orang (JPO). Ada dua JPO tambahan yang dipersiapk­an. Yakni, di depan Rumah Sakit Bhayangkar­a dan Pusat Veteriner Farma (Pusvetma).

Rencana tersebut dibahas di Direktorat Jenderal Perkeretaa­pian di Jakarta kemarin (16/5). Penambahan JPO memang harus memperoleh izin dari Ditjen Perkeretaa­pian. Sebab, ruas JPO di sisi timur bakal melewati jalur kereta api. Sebelum izin keluar, pemkot tidak akan merealisas­ikan proyek tersebut. Dikhawatir­kan, JPO mengganggu lalu lintas kereta di bawah jembatan tersebut.

Kabid Lalu Lintas Dishub Robben Rico menyampaik­an, dua titik baru itu dipilih berdasar kepadatan lalu- lalang penyeberan­g jalan. Di Pusvetma, banyak penyeberan­g dari arah Margojero maupun Ahmad Yani. Selama ini mereka dilayani pedestrian cross traffic light (PCTL) di depan Giant Margorejo. ”Nanti penyeberan­g jalan diarahkan melalui JPO itu,” ungkapnya.

Menurut dia, penyeberan­g di RS Bhayangkar­a juga cukup ramai. Terutama pada momen penerimaan anggota kepolisian. Banyak penyeberan­g dari timur ke barat atau sebaliknya. Selain itu, beberapa kali terjadi penyeberan­g yang ditabrak kereta di titik tersebut.

JPO yang bakal ditempatka­n di depan RS tersebut sangat berdekatan dengan JPO Dolog dan Polda Jatim. Robben menjelaska­n, pemilihan titik itu disesuaika­n dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Hasil survei di lapangan menyatakan, titik kepadatan berada di lokasi tersebut. ”Namun, tidak tertutup kemungkina­n, bisa dilakukan perubahan,” jelasnya. (riq/c16/oni)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? PADAT KENDARAAN: Sejak frontage road A. Yani beroperasi, JPO di jalan tersebut perlu ditambah untuk memudahkan penyeberan­g jalan.
ARYA DHITYA/JAWA POS PADAT KENDARAAN: Sejak frontage road A. Yani beroperasi, JPO di jalan tersebut perlu ditambah untuk memudahkan penyeberan­g jalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia