Jawa Pos

Lebihkan Kuota Mahasiswa Baru

Daftar Ulang SNM PTN

-

SURABAYA – Pelaksanaa­n seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) memasuki tahap daftar ulang. Seluruh peserta yang dinyatakan lolos seleksi bisa ke kampus penerima. Proses daftar ulang adalah syarat bahwa peserta bersedia melanjutka­n pendidikan di kampus tersebut.

Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), prosesi pendaftara­n ulang dibuka Rektor ITS Prof Joni Hermana pukul 08.00. Tercatat ada 1.059 calon mahasiswa baru (camaba) yang berhasil lolos seleksi. Sebanyak 209 di antaranya diterima lewat jalur bidikmisi.

Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng menjelaska­n, penerimaan tahun ini sedikit dilebihkan. Yakni, 5 persen dari kuota awal yang disediakan. Alasannya, untuk mengantisi­pasi camaba yang mengundurk­an diri atau tidak daftar ulang. ”Tujuannya meminimali­sasi bangku kosong pada jalur SNM PTN,” terangnya kemarin (16/5).

Tahun ini, jumlah peserta terbanyak yang diterima melalui jalur seleksi prestasi di ITS berada di departemen teknik mesin. Yakni, sebanyak 69 orang. Sejumlah 14 di antaranya dari bidikmisi.

Sementara itu, camaba termuda dari jalur SNM PTN di ITS adalah Mitha Rabiyatul Nufus. Siswi kelahiran 10 Oktober 2000 itu berasal dari SMAN 1 Komodo Manggarai Tengah, NTT. Dia diterima di departemen statistika.

Tahun ini ITS menerima tiga hafiz dari jalur SNM PTN. Yakni, Abdurrahma­n Auf di departemen teknik mesin, Moh. Habib Al Fahri di departemen arsitektur, dan Naufal Hibatullah di departemen teknik material. ”Ketiganya berasal dari SMAS Darul Quran Bogor,” imbuhnya.

Kemarin, tiga camaba tersebut menjalani tes hafalan Alquran. Tes dipandu Dekan Fakultas Teknologi Infomasi ITS Dr Agus Zainal Arifin. Ketiganya diminta melanjutka­n ayat dan diminta membacakan ayat tertentu. Dalam tes itu, mereka lolos.

Pada kegiatan daftar ulang kemarin, para peserta melakukan verifikasi biodata. Hasil verifikasi akan menentukan camaba tersebut bisa lanjut daftar ulang atau tidak sebagai maba di ITS.

Secara terpisah, proses daftar ulang juga dilaksanak­an di Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Pada kegiatan tersebut, ada sekitar 100 camaba yang dinyatakan gugur. Sebab, pada proses verifikasi seminggu sebe lum nya, mereka tidak datang. ”Ada yang membuat surat pengundura­n diri, tapi jumlahnya tidak lebih dari 10 orang,” ujar Wakil Rektor 1 UINSA Syamsul Huda.

Syamsul meyakini, masalahnya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, camaba memilih jurusan yang tidak sesuai keinginan. Selain itu, pendaftara­n SNM PTN gratis, sehingga tidak ada beban jika tidak diambil. Meski tidak ada blacklist bagi sekolah tempat siswa itu berasal, ada konsekuens­i penguranga­n kuota penerimaan. ” Kan jadinya merugikan adik kelasnya,” tuturnya.

Ketua BAKPK Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) Ratih Pudjiastut­i mengungkap­kan, kemarin ada 1.208 peserta SNM PTN yang mendaftar ulang. Masih ada 407 peserta lagi yang belum mendaftar ulang dari total 1.615 peserta. Para peserta yang belum daftar ulang masih ditunggu hingga hari ini.

Wakil Rektor I UPN Veteran Jatim Ramdan Hidayat mengatakan, dari kuota SNM PTN sebanyak 932 kursi, ada 1.017 peserta yang diumumkan diterima SNM PTN. Dari jumlah tersebut, ada 930 peserta yang sudah mendaftar ulang. (ant/puj/c17/nda)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SIAP KULIAH: Suasana verifikasi dan daftar ulang calon mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS SIAP KULIAH: Suasana verifikasi dan daftar ulang calon mahasiswa baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia