Jawa Pos

Berantas Rokok Berpita Cukai Palsu

-

SIDOARJO – Rahmat Hijrah kelimpunga­n ketika harga cukai rokok naik awal tahun lalu. Pria 35 tahun yang baru memulai usaha pembuatan rokok rumahan di Desa Pamotan, Porong, itu, memutar otak agar tetap bisa meraup keuntungan.

Namun, cara yang dipilihnya melawan hukum. Dia menggunaka­n pita cukai palsu. Ulahnya terendus polisi. Rahmat pun dibekuk petugas kemarin (16/5). ’’Kerugian negara ditaksir mencapai Rp 275 juta,’’ ujar Kasatreskr­im Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris.

Harris menerangka­n, saat melakukan penggerebe­kan, petugas menemukan berbagai barang bukti. Mulai mesin produksi sampai ratusan slof rokok merek Bravo siap edar. Namun, Rahmat tidak ada. Kanitpidsu­s Polresta Sidoarjo Iptu Raden Kennardi bersama anggotanya lantas bergerak ke tempat tinggal Rahmat di Perumahan Pondok Mutiara, Sidoarjo. Di sanalah mereka menangkap Rahmat.

Harris mengatakan, pita cukai palsu itu didapat pelaku dari warga Pasuruan seharga Rp 100 ribu per 200 biji. ’’Pita cukainya dibuat dari kertas biasa dan mesin

kata jebolan Akpol 2005 tersebut. Dia mengungkap­kan, pihak nya masih mem bu ru pemasok pita cukai palsu.

Usaha rokok ilegal Rahmat itu cukup sukses. Meski belum lama beroperasi, pelaku sudah memiliki sembilan pegawai. Harga yang murah membuat rokok yang diproduksi­nya laris manis di pasaran. ’’Dijual Rp 34 ribu per slof. Isi sepuluh bungkus,’’ ungkap Harris.

Rahmat mengatakan, rokok buatannya dijual ke luar pulau untuk menghindar­i kecurigaan pembeli dan polisi. Sampai saat ini, lokasi pemasaran adalah Kalimantan dan Lampung. Dia menyasar pekerja perkebunan sebagai konsumen utama. ’’Banyak yang beli karena harganya murah,’’ tuturnya. (edi/c7/pri)

 ??  ??
 ??  ??
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? print,’’ TABRAK ATURAN: Kasatreskr­im Polresta Sidoarjo Kompol Mohammad Harris (kiri) dan tersangka Rahmat Hijrah di mapolresta kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS print,’’ TABRAK ATURAN: Kasatreskr­im Polresta Sidoarjo Kompol Mohammad Harris (kiri) dan tersangka Rahmat Hijrah di mapolresta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia