Jawa Pos

Bisa Cetak 28 Ribu E-KTP Lagi

-

GRESIK – Blangko KTP elektronik datang lagi. Setelah mengalami kekurangan, Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Gresik menerima lagi tambahan blangko dari pemerintah pusat. Jumlahnya 28 ribu keping.

Dengan tambahan tersebut, saat ini stok blangko e-KTP mencapai 29.500 keping. Sebab, hingga akhir April, sisa blangko hanya 1.500 keping. Tambahan itu belum cukup untuk menyelesai­kan seluruh tunggakan cetak e-KTP yang telah terekam. Dispendukc­apil baru menargetka­n bisa mencetak e-KTP warga Gresik yang melakukan perekaman pada 2016.

Untuk pemohon yang melakukan perekaman selama 2017, cetak e-KTP masih masuk daftar tunggu. ”Untuk saat ini, prioritas kami adalah menyelesai­kan pencetakan untuk pemohon yang sudah perekaman hingga Desember 2016,” kata Kepala Dispendukc­apil Hermanto T. Sianturi kemarin.

Berdasar data dispendukc­apil, hingga akhir 2016, jumlah pemohon yang sudah melakukan perekaman e-KTP tapi belum cetak mencapai 38.320 warga. Sementara itu, total blangko yang diperoleh Gresik dari pusat sebanyak 38 ribu lembar.

Bagaimana pemohon yang merekam e-KTP selama 2017? Untuk sementara, dispendukc­apil masih memberlaku­kan pemberian surat keterangan (suket) pengganti e-KTP.

Di bagian lain, pasca gonjanggan­jing ancaman serangan virus komputer Ransomware WannaCrypt, dispendukc­apil memastikan layanan pengurusan dokumen penduduk masih normal.

Dari hasil pengecekan seluruh jaringan, virus tersebut tidak masuk dalam line layanan kependuduk­an. Dispendukc­apil memutus sementara tiga jaringan IP di kantor mereka. ”Namun, pemutusan itu tidak membuat layanan kami terganggu,” kata Hermanto. ( ris/c17/roz)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? TETAP NORMAL: Petugas dispendukc­apil memasukkan data pemohon e-KTP kemarin. Tambahan blangko bisa melayani lagi cetak e-KTP.
ARIS IMAM/JAWA POS TETAP NORMAL: Petugas dispendukc­apil memasukkan data pemohon e-KTP kemarin. Tambahan blangko bisa melayani lagi cetak e-KTP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia