Jawa Pos

Muntahkan 2.000 Proyektil dalam 60 Detik

-

MERIAM Giant Bow yang mengalami insiden kemarin (17/5) adalah alutsista buatan Norinco, perusahaan persenjata­an asal Tiongkok. Di- pergunakan sejak 2003, meriam tersebut adalah salah satu senjata andalan yang dimiliki TNI

Tiongkok bukanlah yang pertama membuat senjata jenis itu. Giant Bow tipe 80 dengan peluru kaliber 23 milimeter yang nahas kemarin disebut-sebut terinspira­si ZU-23-2 buatan Rusia. Giant Bow adalah senjata yang diandalkan untuk menangkal serangan udara. Karena itu, di antara 19 unit yang dimiliki Indonesia, satu disiagakan untuk melindungi angkasa Bandara Internasio­nal Soekarno-Hatta.

Dalam satu menit, Giant Bow bisa memuntahka­n 1.500 sampai 2.000 peluru. Kecepatan luncur proyektil dari meriam itu adalah 970 meter per detik. Dengan jarak tembak pada sudut vertikal maksimum 1.500 meter dan sudut horizontal maksimum 2.000 meter.

Menurut pengamat militer Wawan Purwanto, setiap senjata yang dibeli TNI pasti sudah melewati pengecekan kualitas. ”Pasti dicek,” ucapnya kepada Jawa Pos kemarin.

Wawan yakin spesifikas­i dan kapasitas meriam tersebut sudah sesuai dengan standar TNI-AD. Meski demikian, penggunaan­nya harus sesuai dengan ketentuan. Karena itu, dalam investigas­i yang dilakukan, seharusnya ada pemeriksaa­n apakah usia senjata tersebut masih oke atau tidak. ”Senjata kan ada batas waktunya,” ujar dia.

Wawan menyatakan bahwa insiden di Natuna kemarin tidak lantas menjadikan meriam Giant Bow sebagai kambing hitam. Harus dilakukan analisis untuk menentukan apakah meriam itu tidak dipakai lagi atau sebaliknya. ” Nggak bisa salahkan senjata,” tegas dia. (syn/c9/ang)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia