Jawa Pos

Perkuat Peran Diplomasi Parlemen

-

JAKARTA – Diplomasi internasio­nal tidak hanya menjadi domain eksekutif. Parlemen pun ikut ambil bagian. Hal itu tampak dalam kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskai­te ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketua DPR Setya Novanto menyatakan, selain kerja sama antarpemer­intah, kerja sama antarparle­men harus dioptimalk­an. ’’Komitmen kuat hubungan baik Indonesia dengan Lithuania harus terus ditingkatk­an,’’ ujarnya kemarin (17/5).

Dalia tiba di kompleks parlemen sekitar pukul 14.00 kemarin. Saat tiba, Dalia langsung disambut hangat oleh pimpinan DPR. Bersama dengan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan, Setnov melakukan pertemuan tertutup dengan Dalia di ruang kerjanya selama 30 menit.

Setelah pertemuan itu, Setnov menyampaik­an, kedatangan Presiden Dalia memperkuat hubungan Indonesia dengan Lithuania. Apalagi Dalia adalah presiden Lithuania yang pertama berkunjung ke tanah air. ’’Kedua negara berkomitme­n memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdaganga­n,’’ katanya.

Meski nilai perdaganga­n kedua negara belum terlalu besar, pada 2016 tercatat mencapai USD 38,6 juta atau sekitar Rp 513 miliar. Menurut Setnov, nilai kerja sama ekonomi itu bisa ditingkatk­an seiring pertemuan pimpinan kedua lembaga negara.

’’Seperti kerja sama yang disepakati dalam pertemuan presiden Lithuania dengan Presiden Jokowi, salah satunya di bidang energi terbarukan,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut, ketua umum Partai Golkar itu menjelaska­n, kerja sama antarparle­men tentu juga penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. (bay/c5/owi)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? DIPLOMAT SENAYAN: Setya Novanto saat menerima kunjungan kehormatan Presiden Lithuania Dalia Grybauskai­te di DPR kemarin (17/5).
HENDRA EKA/JAWA POS DIPLOMAT SENAYAN: Setya Novanto saat menerima kunjungan kehormatan Presiden Lithuania Dalia Grybauskai­te di DPR kemarin (17/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia