Jawa Pos

Siap Tindak Tegas Pemecah Belah NKRI

-

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama seluruh unsur Forum Pimpinan Daerah Jatim siap menindak tegas siapa pun yang berusaha memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan itu disampaika­n saat konferensi pers dengan didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Machmud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko di halaman Hotel Utami Juanda, Selasa (17/5).

Gubernur dua periode tersebut menerangka­n, ada lima sikap yang diambil Forpimda Jatim. Pertama, tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang mengganggu persatuan dan persaudara­an, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, serta yang tidak sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kedua, melakukan tindakan hukum dengan tegas kepada orang atau kelompok- kelompok yang berusaha dengan segala cara memecah belah bangsa Indonesia.

Ketiga, mendorong semua kekuatan elemen masyarakat untuk bersatu melawan perpecahan bangsa, khususnya di wilayah Jatim. Keempat, memperkuat persatuan dan kesatuan di wilayah Jatim untuk menangkal segala bentuk provokasi. Yang kelima, TNI, Polri, dan pemerintah di Jatim akan meningkatk­an kegiatan guna mendorong sinergi tercapainy­a rasa kebinekaan di Jatim.

’’Kami tegak lurus terhadap perintah presiden RI untuk menjaga empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Siapa pun yang mengganggu persatuan dan kesatuan kita tentu akan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,’’ jelas Soekarwo.

Sampai sejauh ini, lanjut dia, situasi dan kondisi di Jatim aman terkendali. ikl/adt/c19/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia