Jawa Pos

Hanya Pertahanka­n Tiga Veteran

-

FRANKFURT – Jerman mulai mengurangi ketergantu­ngan kepada veteran Piala Dunia 2014. Buktinya, sejumlah nama yang tampil saat Jerman menjadi kampiun Piala Dunia 2014 absen di Piala Konfederas­i 2017 bulan depan. Di antaranya, Mesut Oezil (Arsenal), Toni Kroos (Real Madrid), Mats Hummels (Bayern Muenchen), Jerome Boateng (Bayern Muenchen), dan Sami Khedira ( Juventus).

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) kemarin memang mengumumka­n skuad resmi yang berlaga di Rusia ( host Piala Konfederas­i 2017). Dari 23 nama, hanya tiga yang merupakan sisa pemain Piala Dunia 2014. Mereka adalah Matthias Ginter, Julian Draxler, dan Shkodran Mustafi.

Bahkan, enam di antara 23 nama tersebut merupakan debutan. Yakni, Marvin Plattenhar­dt (Hertha Berlin), Lars Stindl (Borussia Moenchengl­adbach), Amin Younes (Ajax), Diego Demme (RB Leipzig), Kerem Demirbay (1899 Hoffenheim), dan Sandro Wagner (1899 Hoffenheim).

Kepada AP, Joachim Loew mengatakan, keputusan tidak menyertaka­n sejumlah bintang Piala Dunia 2014 bakal memberikan perspektif yang baru. Selain itu, mereka sengaja tidak dipanggil karena tenaganya sudah terkuras di masing-masing klub. Dampaknya, sejumlah pemain kunci Jerman pada Piala Dunia 2014 cedera. Mereka, antara lain, Manuel Neuer/ Bayern Muenchen (patah tulang kaki), Mario Goetze/Borussia Dortmund (kelainan metabolis), Ilkay Guendogan/Manchester City ( cruciate ligament), Julian Weigl/ Borussia Dortmund (patah engkel), dan Benedikt Hoewedes/Schalke 04 (pangkal paha).

’’Saya melihat bahwa para pemain kami adalah korban dari klub. Mereka bermain setiap tiga atau empat hari sekali,’’ tutur Loew. (dra/c19/bas)

 ?? AFP PHOTO ?? ISTIRAHAT DULU: Thomas Mueller (kiri) dan Toni Kroos berduel di leg pertama perempat final Liga Champions. Keduanya absen di Piala Konfederas­i 2017.
AFP PHOTO ISTIRAHAT DULU: Thomas Mueller (kiri) dan Toni Kroos berduel di leg pertama perempat final Liga Champions. Keduanya absen di Piala Konfederas­i 2017.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia