Jawa Pos

Lebih Awal supaya Lebih Matang

-

INDONESIA baru melakoni pertanding­an per tama di Piala Sudirman 2017 melawan India pada Selasa pekan depan (23/5). Namun, rombongan tim Indonesia sudah bertolak menuju Gold Coast, Australia, tadi malam (17/5). Dengan penerbanga­n nomor SQ965, Mohammad Ahsan dkk terbang ke Negeri Kanguru via Singapura.

Ahsan dkk dijadwalka­n mendarat di Brisbane hari ini (18/5). Kemudian, perjalanan dilanjutka­n dengan jalur darat dari Brisbane menuju Gold Coast yang memakan waktu 1,5 jam.

Kepala Bidang Pelatnas Cipayung Lius Pongoh menjelaska­n bahwa kedatangan lebih awal ke Gold Coast diharapkan membantu proses adaptasi pebulu tangkis Indonesia. Setidaknya, ada waktu persiapan efektif empat hari sebelum Ahsan dkk menghadapi India. ”Masih persiapan normal. Lagi pula, tidak terlalu jauh beda saat main di Amerika, misalnya,” katanya.

Hal senada diungkapka­n Susy Susanti, manajer tim Indonesia di Piala Sudirman. Durasi waktu yang cukup akan sangat membantu pebulu tangkis Indonesia dalam me- maintenanc­e kondisi. ”Semoga adaptasiny­a (yang sampai empat hari, Red) bisa berdampak positif bagi tim,” ucapnya.

Di sisi lain, Ahsan yang dipercaya sebagai kapten tim Indonesia menyatakan siap memberikan penampilan terbaik di Gold Coast nanti. Selain Ahsan, pebulu tangkis ganda putri Greysia Polii ditunjuk sebagai wakil tim. Pengalaman keduanya menjadi pertimbang­an pemilihan.

Ahsan, misalnya. Piala Sudirman tahun ini merupakan kali kelima baginya setelah edisi 2009 (Guangzhou, Tiongkok), 2011 (Qingdao, Tiongkok), 2013 (Kuala Lumpur, Malaysia), dan 2015 (Dongguan, Tiongkok).

”Saya tidak merasa terbebani. Itu (Piala Sudirman) adalah ajang tim. Jadi, saya hanya berbagi pengalaman dengan adik-adik,” ujar Ahsan sebelum masuk gate 1 Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta tadi malam. ( nap/c16/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia