Jawa Pos

Pertama bagi Fraile, Pertama bagi Tim

Dumoulin Tetap Maglia Rosa

-

BAGNO DI ROMAGNA – Juara baru lahir dari etape ke-11 Giro d’Italia tadi malam WIB. Omar Fraile (Dimension Data) memenangi balapan dengan sprint tangguh menggalahk­an Rui Costa (UEA Emirates) dan Pierre Rolland (Cannondale-Drapac).

Namun, klasemen umum pembalap tidak berubah setelah sejumlah rider yang berada di posisi atas tidak mengalami masalah berarti sepanjang lomba. Mereka finis bersama dalam satu peloton.

Kemenangan Fraile bukan hanya yang pertama bagi pembalap Spanyol itu dalam ajang Grand Tour. Namun, itu juga yang pertama bagi timnya, Dimension Data, di Giro d’Italia. ’’Aku sadar etape ini cocok dengan karakter balapku,’’ terangnya setelah balapan sebagaiman­a dilansir Cycling News.

Tanel Kangert (Astana) menjadi pembalap yang mengambil inisiatif sprint memasuki kilometer terakhir. Namun, ketika Fraile merespons dengan sprint, ternyata Kangert sudah tidak memiliki cukup tenaga. Akhirnya, Fraile mampu memimpin sprint sejak 150 meter sebelum finis dan tidak bisa dikejar pembalap yang lain. ’’Aku memimpikan kemenangan ini sejak lama. Bahagia sekali akhirnya bisa mewujudkan ini,’’ ujarnya.

Fraile menyelesai­kan balapan dengan catatan waktu 4 jam 23 menit 17 detik. Disusul Rui Costa sebagai runnerup. ’’Kami membalap dengan sangat baik sejak awal lomba. Satu-satunya kesalahan adalah kehabisan tenaga di bagian akhir yang krusial. Tapi, kami akan terus berusaha karena Giro masih panjang,’’ kata Costa.

Tom Dumoulin (Sunweb) tetap mempertaha­nkan jersey pink alias maglia rosa sebagai tanda pemimpin lomba. Nairo Quintana (Movistar) dan Bauke Mollema (Trek-Segafredo) juga tetap membayangi pada posisi ke-2 dan ke-3.

Etape ke-12 hari ini memberikan waktu ’’istirahat’’ bagi para climber. Rute sepanjang 229 kilometer dari Forli menuju Reggio Emilia didominasi jalur flat. Ada dua tanjakan di bagian awal lomba, yakni di Colla di Casaglia dan ValicoAppe­nninico, namun tidak akan berpangaru­h besar pada peloton. Balapan diprediksi akan berakhir dalam bunch sprint . (cak/c4/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia