Jawa Pos

Sertifikas­i 960 Calon Naker

Harus Lulus Uji Kompetensi, Bisa Tangkal Pekerja Asing

-

GRESIK – Tak hanya skill yang mumpuni, tenaga kerja (naker) juga harus mengantong­i sertifikat profesi. Hal itu menjadi salah satu senjata bagi calon pekerja untuk melamar ke perusahaan. Bagi yang belum memiliki sertifikat, Pemkab Gresik berusaha mengakomod­asi dengan memberikan 960 sertifikat profesi.

Pemberian sertifikat itu memang baru kali pertama diwujudkan. Untuk program tersebut, pemkab melalui dinas tenaga kerja (disnaker) bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikas­i Profesi (BNSP). Langkah itu digagas seiring dengan ketatnya persaingan untuk memperebut­kan pekerjaan.

’’Sertifikat membuat pekerja makin percaya diri. Salah satu alat bersaing dengan tenaga kerja luar daerah dan negeri,’’ kata Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja Disnaker Gresik Dyah Prasasti Saptorini kemarin (17/5).

Berdasar catatan disnaker, seratus penerima sertifikat berstatus peserta pelatihan kerja tahun lalu. Sisanya adalah calon pekerja yang dilatih tahun ini. Mereka masuk dalam berbagai bidang usaha. Ada teknik mesin, las, komputer, dan niaga.

Sertifikat tidak diberikan secara cuma-cuma. Kompetensi calon pekerja harus diuji lebih dulu. Mereka diminta menunjukka­n skill- nya. Pekerja mesti lolos tes. ’’ Nah, nanti kualitasny­a terlihat setelah diuji,’’ jelasnya. ”Jika memang belum memenuhi kompetensi, ya tidak diberi sertifikat,” imbuhnya.

Pemkab Gresik tahun ini berupaya menggenjot serapan tenaga kerja. Disnaker memperoleh alokasi dana empat kali lipat untuk melatih tenaga kerja lokal tahun ini. Anggaranny­a mencapai Rp 4 miliar. Ada sepuluh bidang keterampil­an yang disiapkan.

Anggota Bidang Diklat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Gresik Dias Pipit Chusairy menegaskan, bekal calon pekerja untuk masuk sektor industri memang banyak. Salah satunya adalah budaya industri. Lulusan akademik perlu paham etika saat menjadi karyawan sebuah perusahaan. ’’Saya menilai pendidikan kedisiplin­an perlu dilatih sejak sekolah. Kedisiplin­an menentukan karir,’’ tegasnya. (hen/c16/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia