Jawa Pos

Bos Lion Air Jadi Dubes Malaysia

-

JAKARTA – Pelantikan duta besar Indonesia gelombang kedua berlangsun­g di Istana Negara kemarin (18/5). Ada enam duta besar (Dubes) yang dilantik Presiden Joko Widodo. Salah seorang adalah bos Lion Air Group Rusdi Kirana yang mendapat pos duta besar Indonesia untuk Malaysia.

Selain Rusdi, duta besar lainnya adalah Ferry Adamhar (Yunani), Arto Suryodipur­o (India), Rina Soemarno (Bangladesh), Wieke Adiwoso (Slovakia), dan Radar Pardede (Tanzania). Enam orang tersebut menyusul 17 duta besar lain yang dilantik pada 13 Maret lalu.

Rusdi Kirana menjelaska­n, Indonesia memiliki banyak penduduk yang bermukim di Malaysia. Itu menjadi salah satu penyebab dia ditempatka­n di Malaysia. Kedubes Indonesia di Malaysia akan membangun sebuah commodity college untuk keluarga TKI yang ikut tinggal di Malaysia. ’’ Agar mereka tetap bisa sekolah,’’ ucapnya setelah pelantikan.

Mantan wakil ketua umum Partai Kebangkita­n Bangsa (PKB) yang juga mantan anggota Dewan Pertimbang­an Presiden (Wantimpres) itu berencana membuka balai latihan kerja (BLK) untuk para TKI. Dengan begitu, mereka punya bekal ketika berniat pulang ke Indonesia. ’’BLK ini bisa diikuti TKI legal maupun yang bermasalah (ilegal, Red),” tuturnya.

Rusdi mengingink­an TKI di Malaysia tidak selamanya bekerja di sana. Dengan bekal pelatihan kewirausah­aan, mereka diharapkan bisa kembali ke Indonesia dan berwirausa­ha. Untuk modal usaha, Rusdi sudah berkomunik­asi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). ’’Nanti Lion Group yang menjamin (kredit, Red) mereka,” terangnya.

Rusdi mengakui,dia memohon kepada presiden untuk ditempatka­n di Malaysia bila ditunjuk sebagai Dubes. ’’Sebab, sejak awal saya berniat untuk mengurus TKI,” jelasnya. (byu/c7/owi)

 ??  ?? DIPLOMAT: Rusdi Kirana (kiri) saat dilantik bersama lima duta besar lainnya di Istana Negara, Jakarta, kemarin. RAKA DENNY/JAWAPOS
DIPLOMAT: Rusdi Kirana (kiri) saat dilantik bersama lima duta besar lainnya di Istana Negara, Jakarta, kemarin. RAKA DENNY/JAWAPOS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia