Jawa Pos

Silicon Valley Rasa Serpong

Digital Hub Sinar Mas Hadirkan R&D Apple

-

TANGERANG – Inilah ambisi baru konglomera­si Grup Sinar Mas. Sebuah proyek Digital Hub diangankan bisa menjadi Silicon Valleynya Indonesia. Kehadiran raksasa teknologi Apple Inc yang bakal mendirikan pusat riset dan pengembang­an (R&D Center) di sana diharapkan mampu menumbuhka­n perusahaan rintisan untuk membangun basis di area Bumi Serpong Damai (BSD) City tersebut.

Digital Hub berdiri di atas lahan 25,86 hektare. CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyatakan, Digital Hub bakal menjadi tempat berkumpuln­ya start-up company, pemimpin teknologi, komunitas-komunitas digital, institusi pendidikan di bidang teknologi informasi (TI), hingga industri kreatif seperti animasi film dan games.

”Digital Hub hadir untuk mengakomod­asi perkembang­an industri informasi dan teknologi digital yang sangat pesat saat ini. Kawasan Digital Hub diciptakan untuk mewujudkan terbentukn­ya ekosistem berbasis TI dan teknologi digital seperti di Silicon Valley,” ujar Michael saat groundbrea­king Kawasan Digital Hub kemarin (18/5).

Proyek Digital Hub akan dialiri investasi Rp 7 triliun untuk pengembang­annya sampai 2017. Sinar Mas Land mengganden­g NBBJ, konsultan arsitektur asal Amerika Serikat yang mendesain perusahaan berbasis teknologi seperti Microsoft, Amazon, dan kantor pusat Samsung di Silicon Valley.

Sejumlah perusahaan raksasa digital dipastikan bakal mengisi kawasan Digital Hub. Salah satu pencapaian Sinar Mas Land dalam membangun kawasan Digital Hub itu adalah menarik perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Apple. ”Salah satu hal yang membuat kami paling confident adalah kepercayaa­n Apple untuk bergabung di Digital Hub,” tambahnya.

Selain Apple, beberapa perusahaan yang bergabung dengan Apple, antara lain, penyedia layanan internet asal Singapura, MyRepublic, serta perusahaan TI dan perangkat lunak, PT Walden Global Service (WGS Hub). Kemudian, ada Huawei, Sale Stock, Orami, dan Ev Hive.

Bukan hanya perusahaan-perusahaan TI dan teknologi digital, beberapa institusi pendidikan pun akan menunjang kawasan Digital Hub. Sinar Mas Land berharap kehadiran institusi pendidikan dapat berkontrib­usi bagi perkembang­an ekosistem Digital Hub. Sejumlah lembaga pendidikan, baik TI maupun non-TI, memastikan bergabung ke Digital Hub. Di antaranya, GeeksFarm, Purwadhika Start up & Coding School, serta institusi pendidikan lain.

Digital Hub Project Leader Irawan Harahap menyampaik­an, proyek itu dikembangk­an dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana-prasarana bisnis, serta retail dan lifestyle. Secara umum, dia menjelaska­n bahwa kawasan Digital Hub juga menyediaka­n

research center, institusi pendidikan dengan jurusan teknologi TI dan kreatif. Selain itu, Digital Hub dilengkapi dengan beragam tipe usaha yang berkaitan dengan teknologi kreatif seperti animasi dan 3D. (agf/c16/sof)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? CAKAP TEKNOLOGI: CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja (lima dari kanan), Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (empat dari kanan), Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (lima dari kiri); Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transporta­si, dan...
MUHAMAD ALI/JAWA POS CAKAP TEKNOLOGI: CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja (lima dari kanan), Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (empat dari kanan), Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (lima dari kiri); Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transporta­si, dan...
 ?? GRAFIS: BAGUS/JAWA POS ??
GRAFIS: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia