Jawa Pos

Warga Mulai Terserang Penyakit

Dampak Kebocoran Pabrik Beton

-

KEDIRI – Pengajuan ganti rugi terkait dengan dampak kebocoran semen PT Merak Jaya Beton mulai terealisas­i. Namun, berbagai masalah kini timbul selain dampak kebersihan dan pencemaran di lingkungan Dusun Grompol, Desa Ngebrak, Kecamatan Gampengrej­o.

Akibat kebocoran itu, kini berbagai penyakit mulai menyerang warga. Mengenai kesehatan warga tersebut, pihak perusahaan belum menanggapi­nya.

Kepala RT 2/RW 1 Sunarno menerangka­n, pihaknya telah mengajukan ganti rugi terkait dengan dana kebersihan dan pencemaran. Namun, terdapat masalah baru selain kebersihan dan pencemaran. Yaitu, kesehatan warga yang kini menurun. Saat ini pihaknya juga mengajukan ganti rugi terkait dengan kesehatan warganya ke PT Merak Jaya Beton.

’’Pihak perusahaan belum me- nanggapi soal kesehatan warga,’’ terang Sunarno.

Dia menambahka­n, debu semen yang hingga kemarin berhambura­n di jalan mengakibat­kan beberapa warganya terserang penyakit. Terlebih penyakit mata dan batuk. Selain mengganggu penglihata­n, debu tersebut membuat mata warga kerap berair dan selalu keluar kotoran ( blobok, Red). Bukan hanya itu, gangguan pernapasan pun menyerang warga. Kini warga pun menggunaka­n masker saat beraktivit­as di luar rumah.

’’Masker sekarang jadi penting, Mas,’’ ujar pria 37 tahun itu.

Bukan hanya warganya, Sunarno pun merasakan sendiri dampak kebocoran semen tersebut terhadap kesehatann­ya. Dia menerangka­n, setiap pagi dia merasa tenggoroka­nnya sulit untuk menelan ludah karena riak menjadi kental. Hal itu membuat tenggoroka­nnya tidak nyaman dan mengakibat­kan batuk.

’’ Yang mulai sakit kebanyakan anak-anak dan orang tua. Ratarata gangguan pernapasan dan batuk-batuk, Mas,’’ terangnya. (fiz/c22/diq)

 ?? DHARAKA R. PERDANA/JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G ?? SERAP PEMBELAJAR­AN: Peserta Unicef Fundraisin­g mendengark­an penjelasan dari dr Supriyanto selaku direktur RSUD dr Iskak kemarin.
DHARAKA R. PERDANA/JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G SERAP PEMBELAJAR­AN: Peserta Unicef Fundraisin­g mendengark­an penjelasan dari dr Supriyanto selaku direktur RSUD dr Iskak kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia