Jawa Pos

Kapolda Dukung Penuh Festival Ramadan

-

SURABAYA – Pelaku seni hadrah al banjari dan musik patrol di Jawa Timur boleh bersiap diri.

tahunan Festival Ramadan yang diprakarsa­i Jawa Pos segera digelar kembali.

Sesuai dengan rencana, ada lima kota yang akan disambangi. Bakal diambil lima yang terbaik dari setiap kota.

kali ini sudah mendapat restu dari Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin. Bahkan, dia memberikan piala untuk pemenang kategori musik patrol dalam grand

nanti. Selain itu, Arifin meminta setiap polres mengirimka­n peserta dalam ajang tersebut.

’’Ini bagus yang mengandung makna seni dan religi,’’ kata Arifin saat menerima tim Jawa Pos di Mapolda Jatim kemarin (18/5).

Pria dengan dua bintang di pundak itu menambahka­n, persatuan dan kesatuan di masyarakat perlu ditingkatk­an. Sebab, upaya memecah belah persatuan itu semakin gencar. Polisi bersama TNI serta pemerintah memiliki tekad bersama untuk menindak pelaku yang berupaya memecah belah persatuan.

Selain itu, upaya pendekatan kepada masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat harus dilakukan. Dia menilai, Festival Ramadan Jawa Pos selaras dengan tujuan tersebut. Pergelaran itu sangat dekat dengan pesantren, melibatkan banyak orang, dan ada hadiah yang siap dibagikan kepada mereka.

’’Kami sangat mendukung dan siap mengerahka­n peserta untuk meramaikan acara di setiap kota,’’ ujarnya.

Intinya, ucap Arifin, seni bisa menjadi perekat bangsa. Baik seni yang berbau religi seperti hadrah al banjari atau seni yang berlatar belakang tradisiona­l. Yakni, musik patrol yang sering dijadikan ikon untuk membangunk­an warga waktu sahur.

Person in Charge Festival Ramadan Aditya Rahman menyatakan, pendaftara­n peserta segera dibuka. Karena itu, pelaku seni hadrah dan musik patrol dipersilak­an mempersiap­kan diri. Masih ada waktu untuk ikut berkompeti­si tahun ini.

’’Kami tunggu partisipas­i dan unjuk kebolehann­ya,’’ katanya.

Lima kota yang akan menjadi tempat audisi belum disebutkan. Aditya ingin menggugah semangat peserta lebih dahulu. Sebab, dari pengalaman tahun sebelumnya, semangat hanya dimiliki peserta tuan rumah. ’’Kali ini kami ingin melihat semangat semua peserta lebih dahulu,’’ ungkapnya. (riq/c5/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia