Jawa Pos

Segera Daftar Mudik Gratis

Angkut Penumpang dan Sepeda Motor

-

JAKARTA – Satu pekan menjelang bulan puasa, pemerintah mulai membuka pendaftara­n program mudik gratis. Perantau dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tinggal di Jakarta bisa mengikuti program mudik gratis itu.

Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi mengatakan, tahun ini pemerintah menyediaka­n fasilitas mudik gratis untuk 208.435 penumpang dan 44.721 sepeda motor. ”Kapasitasn­ya naik 57 persen dibanding tahun lalu,” tutur dia kemarin (18/5).

Menurut Budi, selain merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, program mudik gratis bertujuan mengurangi jumlah kendaraan roda dua pada masa angkutan Lebaran nanti. Dengan begitu, angka kecelakaan di jalan bisa diminimalk­an. ”Sebab, 75 persen kecelakaan lalu lintas disumbang oleh kendaraan roda dua,” ucap dia.

Pemerintah, lanjut Budi, menyadari alasan masyarakat mudik dengan sepeda motor. Yakni, sepeda motor bisa sekalian digunakan untuk bersilatur­ahmi di kampung halaman. Karena itu, selain penumpang, mudik gratis juga melayani pengangkut­an sepeda motor. Misalnya, untuk rute Jakarta–Solo, penumpang akan diangkut dengan bus. Sedangkan sepeda motor diangkut dengan truk. ”Jadi, sampai di tujuan, penumpang bisa mengambil sepeda motor untuk dipakai silaturahm­i,” terangnya.

Budi menyebutka­n, program mudik gratis akan menggunaka­n moda angkutan jalan, kereta api, dan kapal laut. Program akan melayani rute Jakarta ke 29 kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur. ”Paling banyak ke Jawa Tengah,” terang dia.

Dirjen Perhubunga­n Laut Kemenhub A. Tonny Budiono menambahka­n, khusus untuk mudik gratis dengan kereta api dari Jakarta dengan stasiun akhir di Surabaya, Kutoarjo, dan Blitar, kuota angkutan sepeda motor 18.096 unit. ”Pemilik kami fasilitasi untuk memperoleh tiket keretanya, tapi bayar. Kalau mau gratis, ikut yang laut dan darat,” ujarnya.

Kemenhub juga berkoordin­asi dengan BUMN dalam penyelengg­araan angkutan mudik gratis. Dari data yang disampaika­n, BUMN menyediaka­n kuota 91.060 penumpang. Selain itu, beberapa mitra kerja akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang. Info lebih detail mudik gratis di www.mudikgrati­s. dephub.go.id. (mia/c11/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia