Jawa Pos

Berbagi Ilmu Jurnalisti­k kepada Kades

-

SIDOARJO – Ruang Auditorium KH Ahmad Dahlan, Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida), dipenuhi para kepala desa serta perwakilan perangkat desa dan badan permusyawa­ratan desa (BPD) kemarin (18/5). Para ’’pentolan’’ dari 154 desa yang tersebar di 12 keca- matan se-Sidoarjo itu datang untuk mengikuti pelatihan jurnalisti­k bertajuk ’’Bagaimana Peran Media untuk Pemberdaya­an Desa’’.

Mereka tampak antusias melontarka­n pertanyaan kepada tiga narasumber. Yaitu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim Akhmad Munir, redaktur Jawa Pos Priyo Handoko, dan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Umsida Didik Hariyanto

Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama, Kemahasisw­aan, dan Humas Umsida Hindarto.

’’Desa harus terus bergerak memunculka­n inovasi layanan yang baru agar semakin sejahtera,’’ ujar Hindarto.

Pelatihan jurnalisti­k tersebut me rupakan salah satu ’’ jalur’’ untuk mencapai kemandiria­n desa yang diracik melalui program Desa Melangkah 2017. Tiga jalur lain adalah pelatihan usaha atau bisnis desa, eksplorasi Sidoarjo, dan edu kasi. Hin darto juga menga presiasi program Desa Melangkah. Menurut dia, program itu bisa membantu pemerintah desa dalam mengembang­kan potensi yang dimiliki.

Munir menyampaik­an, pers menjalanka­n sejumlah fungsi. Yaitu, mendidik, (memberikan) informasi, menghibur, dan kontrol sosial. Ironisnya, di tengah era reformasi dan globalisas­i seperti sekarang banyak bermuncula­n media ’’abal-abal’’ yang mencederai sederet fungsi mulia pers. ’’Kalau ada media yang fungsinya di luar itu, perlu dipertanya­kan kredibilit­asnya,’’ kata Munir.

Anggota BPD Wilayut, Kecamatan Sukodono, Suwandi, menceritak­an bahwa selama ini dirinya sering kurang nyaman dengan perilaku oknum-oknum tertentu yang mengatasna­makan wartawan. Mereka kerap mengintimi­dasi aparat desa yang tengah mengerjaka­n proyek-proyek tertentu. ’’Disangkany­a kami macam-macam. Tapi, setelah ikut acara ini, saya lumayan mengerti bagaimana cara menghadapi mereka,’’ jelasnya.

’’Saya juga jadi mengerti apa yang harus dilakukan,’’ tutur Kades Kedungkemb­ar, Prambon, Khoirur Rozikin. (jos/c15/pri)

 ??  ??
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? MELEK TERUS: Para Kades, perangkat desa, dan anggota BPD setelah mengikuti pelatihan jurnalisti­k program Desa Melangkah 2017 di Umsida kemarin. Selama lebih dari dua jam, mereka mengikuti acara tersebut dengan antusias.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS MELEK TERUS: Para Kades, perangkat desa, dan anggota BPD setelah mengikuti pelatihan jurnalisti­k program Desa Melangkah 2017 di Umsida kemarin. Selama lebih dari dua jam, mereka mengikuti acara tersebut dengan antusias.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia