Jawa Pos

Operasi Malam Waspadai Narkoba dan Sajam

-

SIDOARJO – Satlantas Polresta Sidoarjo tidak hanya menyasar pelanggar peraturan lalu lintas pada Operasi Patuh Semeru. Sejumlah barang terlarang pun diincar. Misalnya, peredaran narkoba dan pengendara yang membawa senjata tajam (sajam).

Rabu malam (17/5) polisi melakukan razia di Jalan Pahlawan. Tepatnya di depan dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu (DPM PTSP). Dalam razia itu, petugas tidak hanya menghentik­an motor. Namun, mereka juga memeriksa mobil dan truk yang melintas.

Puluhan petugas meminta pengendara untuk menunjukka­n surat kelengkapa­n berkendara. Juga, meme- riksa barang-barang yang mereka bawa. ’’Untuk mengantisi­pasi pelanggara­n lain. Tapi, tidak ada temuan,’’ tutur Wakasatlan­tas Polresta Sidoarjo AKP I Gusti Made Merta setelah razia.

Gusti menuturkan, razia memang sengaja dilaksanak­an ketika malam. Dengan begitu, waktu operasi tidak terbaca oleh pengendara. Lokasi kegiatan pun dipilih di sekitar pusat kota untuk mewaspadai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). ’’Upaya pencegahan kami optimalkan dengan menurunkan 31 personel,’’ katanya.

Mantan Kasatlanta­s Polres Madiun itu berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya menaati peraturan lalu lintas. Jadi, angka kecelakaan bisa ditekan. ’’Biar masyarakat patuh, apalagi menjelang Ramadan dan Lebaran. Jangan sampai ada yang jadi korban kecelakaan karena kelalaian sendiri,’’ ucapnya.

Dua jam melangsung­kan razia, petugas melayangka­n 95 surat tilang. Sebanyak 80 di antaranya dikeluarka­n untuk pengendara motor. Mayoritas pelanggar tidak mampu menunjukka­n surat izin mengemudi (SIM) kepada petugas. ’’Pengendara mobil pun ada yang belum punya SIM,’’ tutur perwira polisi dengan tiga balok di pundak tersebut. (edi/c15/dio)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? ANTISIPASI: AKP I Gusti Made Merta (kanan) memeriksa kelengkapa­n surat Farida Kurniawati di Jalan Pahlawan Rabu malam (17/5).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS ANTISIPASI: AKP I Gusti Made Merta (kanan) memeriksa kelengkapa­n surat Farida Kurniawati di Jalan Pahlawan Rabu malam (17/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia