Jawa Pos

Sertifikas­i Dipriorita­skan untuk Calon Naker Usia Produktif

-

GRESIK – Kesempatan mengikuti sertifikas­i tenaga kerja (naker) semakin sempit bagi para pekerja. Apalagi jika usianya sudah lebih dari 32 tahun. Pemkab mempriorit­askan usia produktif untuk sertifikas­i naker.

Kepala Dinas Ketenagake­rjaan (Disnaker) Gresik Mulyanto menuturkan, program sertifikas­i hanya diperuntuk­kan calon naker yang sudah mengikuti pelatihan pada tahun sebelumnya. Untuk memperoleh sertifikat, para calon naker harus mengikuti uji kompetensi. ”Diutamakan yang berusia produktif,” ujarnya kemarin (18/5).

Usia produktif, kata Mulyanto, memang menjadi prioritas pemkab. Sebab, hal itu sangat berpengaru­h pada kualitas kerja calon naker. ”Paling tidak usia 18–32 tahun,” terangnya.

Mulyanto menambahka­n, sertifikas­i calon naker kini menjadi fokus pemkab. Tujuannya, meningkatk­an persaingan kualitas antar pekerja. Terutama dengan tenaga kerja asing (TKA). Calon naker diharapkan mampu meningkatk­an daya saing personal. ”Paling tidak bisa menjadi bahan pertimbang­an perusahaan,” katanya.

Ada beberapa spesifikas­i yang menjadi poin penting dalam uji kompetensi calon naker. Di antaranya, teknik mesin, elektro, dan tata niaga. Dengan bekal keterampil­an, calon naker akan mendapatka­n skill tambahan.

Menurut Mulyanto, sertifikas­i calon naker merupakan salah satu program berkelanju­tan. Tahun ini pihaknya mendapatka­n alokasi anggaran Rp 4 miliar untuk memaksimal­kan serapan tenaga kerja. Salah satunya melalui pelatihan tenaga kerja lokal. ”Yang jelas, program (sertifikas­i, Red) ini berkelanju­tan,” jelasnya.

Di sisi lain, Bidang Diklat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Gresik Dias Pipit Chusairy mengatakan, calon naker tidak hanya diberi bekal keterampil­an. Yang tidak kalah penting adalah budaya industri. ”Lulusan akademi perlu paham ketika menjadi karyawan,” tuturnya. Dia menilai pendidikan kedisiplin­an perlu diberikan. Tujuannya, calon naker terbiasa dengan sistem kerja di perusahaan yang menuntut karyawanny­a disiplin. ”Kedisiplin­an menentukan karir,” lanjutnya. ( adi/c7/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia