Jawa Pos

PAHAMI KEHIDUPAN BERNEGARA, TERAPKAN HUKUM DAB KONSTITUSI

Hukum dan pemerintah­an merupakan dua instrumen penting dalam kehidupan bernegara. Peningkata­n pemahaman tentang keduanya menjadi langkah utama membangun integritas bangsa. Salah satu caranya adalah mendirikan lembaga pendidikan yang khusus bergerak di bid

-

DORONGAN dan saran dari berbagai pihak melahirkan Jimly School Of Law and Goverment (JSLG) pada 2011. Kali pertama didirikan, JSLG berada di ibu kota. Tingginya minat masyarakat untuk masuk dan menjadi bagian dari JSLG membuat sekolah tersebut semakin berkembang. Surabaya menjadi kota kedua pendirian JSLG. Penggunaan nama Jimly School law and Goverment didasarkan pada pertimbang­an bahwa Prof Dr Jimly Asshiddiqi­e SH seorang pakar hukum tata negara yang dikenal luas oleh masyarakat. Pemilihan nama tersebut membawa harapan besar bagi JSLG agar dapat menjadi penerus bangsa dalam membangun negara lewat penegakan hukum dan penyelengg­araan pemerintah­an bersih. Harapan tersebut tercermin dalam visi JSLG yang dibawanya. Yaitu, untuk membentuk penyelengg­ara negara dan pemerintah­an, pengambil keputusan, dan masyarakat yang berkualita­s. Juga, memahami tatanan kehidupan bernegara sekaligus menerapkan hukum dan konstitusi. Selain itu, Jimly School mengemban misi yang untuk mengembang­kan kapasitas kepemimpin­an dan kelembagaa­n yang mampu menjalanka­n fungsinya secara optimal. Dalam usaha mencapai terwujudny­a visi dan misinya, Jimly School secara konsisten mengadakan program dan pelayanan untuk pemerintah dan masyarakat secara umum. Bentuk kegiatan tersebut antara lain public activity, inhouse training, policy research, dan advisory service. Jimly School Law and Government juga membuka kesempatan bekerja sama kepada berbagai pihak dalam pelaksanaa­n programnya. Di antaranya, para stake holder pemerintah seperti institusi negara, organisasi pemerintah, partai politik, organisasi kemasyarak­atan, serta LSM dalam negeri dan luar negeri. Kerja sama juga ditujukan kepada seluruh masyarakat secara umum untuk bisa bersinergi sehingga muncul keuntungan positif kepada berbagai pihak yang terlibat. Hal itu sudah banyak diselengga­rakan baik dalam kancah lokal maupun nasional. Bentuknya antara lain seminar dan kursus konstitusi seperti legal drafting, legal audit, legislativ­e drafting, dan PKPA. Ada pula seminar dan kursus Pemahaman Putusan Pengujian UU oleh MK Republik Indonesia Bidang Ekonomi. Selain seminar, Jimly School mengadakan kegiatan dalam bentuk pelatihan. Beberapa pelatihan tersebut seperti tata cara uji materil dan isu-isu hak penyandang disabilita­s serta pelatihan penyelengg­araan Implementa­si Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim Pespektif Hukum Acara Perdata. Jimly School paham benar dengan adanya perkembang­an zaman. Untuk itu, dibuat sistem kuliah online dengan nama Global I-Lecture. Deretan kegiatan dalam bentuk pelatihan, seminar, dan sistem pendidikan tersebut semakin meyakinkan bahwa JSLG merupakan institusi yang kredibel dalam bidang hukum dan pemerintah­an.

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? BERSAMA PAKAR: Pembelajar­an di Jimly School of Law and Government menghadirk­an guru besar dan para pakar di bidangnya.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS BERSAMA PAKAR: Pembelajar­an di Jimly School of Law and Government menghadirk­an guru besar dan para pakar di bidangnya.
 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? TIM SOLID: Jimly School mengembang­kan kapasitas kepemimpin­an dan kelembagaa­n. Manajer Marketing Arditto Grahadi (kiri), Direktur Hesti Armiwulan (tengah), dan Wakil Direktur Margaret Tjandra (dua dari kanan).
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS TIM SOLID: Jimly School mengembang­kan kapasitas kepemimpin­an dan kelembagaa­n. Manajer Marketing Arditto Grahadi (kiri), Direktur Hesti Armiwulan (tengah), dan Wakil Direktur Margaret Tjandra (dua dari kanan).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia