Jawa Pos

5.899 Personel Unjuk Kekuatan di Natuna

-

NATUNA – TNI unjuk kekuatan di Laut Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Sebanyak 5.899 personel mengikuti puncak latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Tanjung Datuk kemarin (19/5). Berbagai alat utama sistem persenjata­an (alutsista) andalan dipamerkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, latihan tersebut menunjukka­n kesiapan TNI dalam mempertaha­nkan keutuhan bangsa. Posisi Natuna sangat vital karena menghadap Laut China Selatan

”Kita tunjukkan betapa solidnya TNI,” katanya.

Pasukan yang terlibat dibagi dalam tiga kelompok. Yakni satuan tugas darat (satgasrat), satuan tugas laut (satgasla), serta satuan tugas udara (satgasud). Setiap satgas mengusung alutsista unggul. Di antaranya adalah tank Leopard, KRI DPN-365, dan pesawat tempur F-16.

Aksi pasukan tersebut berlangsun­g 52 menit. Jokowi beberapa kali dibuat kagum. Presiden didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta Menteri Koordinato­r Bidang Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Hadir juga 23 gubernur dan jajaran perwira tinggi serta perwira menengah TNI.

”Hari ini (kemarin, Red) kita lihat bersama betapa kesiapan, baik di darat, laut, maupun udara, betul-betul dalam keadaan siap apabila diperlukan negara,” ucap Jokowi.

Rangkaian latihan diwarnai insiden tewasnya empat prajurit dua hari lalu. Mereka menjadi korban kecelakaan pengoperas­ian meriam Giant Bow.

”Saya mengucapka­n turut berdukacit­a atas gugurnya empat prajurit TNI dalam latihan ini,” ujar presiden.

Agenda menarik lainnya dalam puncak latihan kemarin adalah pembaretan terhadap 23 gubernur. Di antaranya adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Ganjar Pranowo (Jawa Tengah), Soekarwo (Jawa Timur), Alex Noerdin (Sumatera Selatan), dan Olly Dondokambe­y (Sulawesi Utara).

Para gubernur itu datang ke Natuna Kamis (18/5). Sejumlah tahapan mereka lakukan sebelum pembaretan dilakukan.

”Naik heli, naik kapal, kemudian nembak dengan senjata laras panjang,” kata Ganjar. Itu tidak dilakukan dalam pembaretan sebelumnya di Surabaya. Melalui pembaretan tersebut, para gubernur berkomitme­n menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan mempertaha­nkan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. (syn/c9/ca)

 ?? SAHRUL/JAWA POS ?? SIAP TEMPUR: Aksi penerjunan pasukan dari helikopter pada puncak latihan PPRC di Tanjung Datuk, Natuna, Kepri, kemarin.
SAHRUL/JAWA POS SIAP TEMPUR: Aksi penerjunan pasukan dari helikopter pada puncak latihan PPRC di Tanjung Datuk, Natuna, Kepri, kemarin.
 ?? LAILY RACHEV SETPRES ?? PANGLIMA TERTINGGI: Presiden Jokowi berada di antara pimpinan TNI dan para gubernur yang menjalani pembaretan kemarin.
LAILY RACHEV SETPRES PANGLIMA TERTINGGI: Presiden Jokowi berada di antara pimpinan TNI dan para gubernur yang menjalani pembaretan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia