Jawa Pos

JK Paparkan Islam Moderat di Oxford

-

LONDON – Wakil Presiden Jusuf Kalla ( JK) memberikan kuliah umum di Oxford Centre for Islamic Studies (Oxcis) kemarin (18/5). Kesempatan itu juga dimanfaatk­an JK untuk memaparkan kondisi terkini perkembang­an Islam di Indonesia. Termasuk seusai pilkada DKI Jakarta. JK merasa perlu menjelaska­n hal tersebut karena banyak yang beranggapa­n bahwa seusai pilkada DKI, radikalism­e berkembang begitu pesat di Indonesia.

JK tiba di Oxcis sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Dia disambut beberapa petinggi di kampus tersebut. Salah satunya Direktur Oxcis Farhan Nizami. Sebelum memberikan kuliah umum, JK menyempatk­an berkelilin­g ke pusat kajian Islam di kampus itu. Mulai menyaksika­n galeri ekshibisi di lantai 1 gedung tersebut, menandatan­gani buku tamu kehormatan, hingga berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed di kompleks kampus.

Menjelang petang, tiba saatnya JK tampil di podium. Di ruang auditorium berbentuk studio itu, JK berbicara panjang lebar soal Islam moderat. Beberapa audiens yang mengikuti kuliah umum tersebut adalah mahasiswa Indonesia yang belajar di berbagai universita­s di Inggris.

JK mengatakan bahwa Islam di Indonesia tetap hidup dengan harmonis. Warganya tetap hidup berdamping­an. Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai, yakni perkawinan dan perdaganga­n. Bukan perang. Kendati populasi penduduk Islam di Indonesia demikian besar, Indonesia tak lantas berubah menjadi negara Islam. ”Dasar negara kita adalah Pancasila dengan lima prinsip dan menempatka­n agama di tempat yang mulia sebagai prinsip pertama: percaya kepada satu Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

Islam di Indonesia juga memiliki dua organisasi besar, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiy­ah. Dua organisasi besar itu yang selama ini keras melawan radikalism­e. ”Dua organisasi itu pula yang mengajarka­n bagaimana praktik Islam,” ucap JK. Karena itu, salah besar kiranya apabila ada anggapan bahwa agama merupakan sumber konflik. (git/c9/ang)

 ??  ?? BAGI PENGALAMAN: Wapres Jusuf Kalla memberikan kuliah umum di Oxcis kemarin. SETWAPRES
BAGI PENGALAMAN: Wapres Jusuf Kalla memberikan kuliah umum di Oxcis kemarin. SETWAPRES

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia