Jawa Pos

Manahati Kena Sanksi Tiga Laga

-

JAKARTA – Belum juga hukuman kepada kapten PS TNI Abduh Lestaluhu selesai dijalani, kini sanksi lain dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kepada kapten kedua, Manahati Lestusen. Dia dijatuhi larangan bermain tiga laga plus denda Rp 10 juta.

Sanksi itu diberikan lantaran insiden mencekik gelandang PSM Makassar Marc Klok ketika kedua tim bertemu pada 15 Mei lalu. Saat itu wasit Handri Kristanto hanya memberikan kartu kuning. Namun, karena tayangan langsung dan rekaman video begitu cepat menyebar, insiden tersebut menjadi perhatian Komdis PSSI.

Karena itu, sidang Komdis pada Kamis (18/5) memutuskan bahwa Manahati terhukum dan mulai absen ketika PS TNI dikalahkan Madura United 1-4 tadi malam. Sidang yang dipimpin Ketua Komdis Asep Edwin itu memutuskan 12 perkara. Salah satunya adalah kasus Manahati.

Menurut Asep, semangat PSSI untuk memberikan efek jera terlihat saat putusan sidang sebelumnya terkait dengan insiden Abduh Lestaluhu (PS TNI) dan Ferdinand Sinaga (PSM Makassar). ’’Tapi, memang kondisi ini kembali terulang,’’ katanya.

Selain kasus tersebut, komdis menghukum sejum- lah klub yang suporterny­a menyalakan flare alias cerawat. Termasuk Persebaya yang terkena denda Rp 15 juta karena penonton menyalakan flare ketika menjamu Persepam Madura Utama (11/5).

Di sisi lain, Sekretaris PS TNI Yandri menyesalka­n bahwa putusan itu berlaku dalam hitungan jam sebelum timnya main. ’’Kami tidak alergi hukuman, tapi seharusnya komdis bisa lebih komunikati­f,’’ ujarnya. Padahal, Manahati masuk dalam kerangka tim yang disiapkan melawan Madura United kemarin.

’’Baru pukul 10.05 WIB kami dapat faks dari PSSI. Ini menjadi catatan penting agar tidak terulang kembali,’’ tuturnya. Alhasil, skema permainan yang disiapkan matang sebelumnya harus berubah seiring Manahati absen dalam laga tadi malam.

Manahati ikut berangkat dalam lawatan ke Bangkalan tadi malam. ’’ No comment, Bro. Aku belum dapat surat resmi dari komdis. Nanti kalau sudah dapat, baru bisa ngomong,’’ ucapnya kepada Jawa

Pos. Saat ditanyakan soal tidak turun lapangan tadi malam, apakah sudah menerima nota larangan bermain? ’’Iya, sudah dapat tadi, tapi maaf belum bisa komentar,’’ jelasnya. (nap/dit/c14/ham)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TERHUKUM: Kapten kedua PS TNI Manahati Lestusen ikut berangkat ke Bangkalan tadi malam.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TERHUKUM: Kapten kedua PS TNI Manahati Lestusen ikut berangkat ke Bangkalan tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia