Jawa Pos

Dorong Siswa Kreatif lewat Pameran Tugas Akhir

-

SURABAYA – Tugas akhir emang sering dianggap momok bagi sebagian siswa SMK. Namun, SMKN 12 Surabaya berhasil menyulapny­a menjadi acara yang keren. Yap, melalui acara pameran tugas akhir yang bertema

sepuluh jurusan di SMKN 12 Surabaya saling unjuk karya. Di DBL Arena, Surabaya, acara itu berlangsun­g selama tiga hari, mulai 19 Mei hingga 21 Mei.

Acara resmi dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kota Surabaya Dr Soekaryant­ho MSi. ’’Mempelajar­i seni melalui pendidikan sekolah bisa mengonstru­ksi nilai kompetensi yang didapatkan siswa sehingga siap menghadapi revitalisa­si industri kreatif yang dicanangka­n Presiden Jokowi,’’ ujar Soekaryant­ho.

Drs Abdul Rofiq MM, kepala SMKN 12 Surabaya, menyatakan bahwa pihaknya siap membentuk siswa yang kreatif dan berdaya saing tinggi. Salah satunya melalui acara tersebut. ’’Sebagai satu-satunya sekolah di Jawa Timur yang jurusan seninya lengkap, kami siap menjadi wadah pengembang­an passion siswa,’’ katanya. Nggak heran kalau pameran tugas akhir itu dikemas kreatif dengan unsur kesenian. Pada hari pertama (19/5), pameran dibuka dengan penampilan campursari oleh tiga sinden muda dari jurusan seni karawitan. Bukan cuma itu, beberapa penampilan seni dan band juga turut meramaikan pameran tersebut. Misalnya, tari kembang pesisiran yang dibawakan jurusan seni tari. ’’Kami kepikiran buat nampilin tari ini karena beberapa teman sempat mempelajar­inya saat prakerin (magang, Red) di Banyuwangi,’’ jelas Sofia Rosi Maulinda, siswi jurusan seni tari.

Selain penampilan tari, booth setiap jurusan menarik pengunjung dengan keunikan masingmasi­ng. Misalnya, booth milik jurusan desain komunikasi visual (DKV). Bertema Kampung Sub Thok, siswa-siswi jurusan DKV mengemas booth- nya dengan menampilka­n Surabaya tempo dulu dan modern. Well, tugas akhir superkeren berkat pameran yang diadakan SMKN 12 Surabaya. (may/c14/als)

 ?? HILMI/ZETIZEN TEAM ?? Explore Identity,
HILMI/ZETIZEN TEAM Explore Identity,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia