Jawa Pos

Kuda Hitam Bisa Menang

Jika Balapan Diguyur Hujan

-

LE MANS – Cuaca selalu menjadi misteri ketika balapan MotoGP datang di Sirkuit Bugatti di Le Mans, Prancis. Itu membuat balapan yang berlangsun­g Minggu besok (21/5) menjadi sangat menarik karena amat sulit diprediksi.

Pada sesi latihan bebas hari pertama kemarin (19/5), permukaan trek basah setelah hujan mengguyur siang hari.

Pada sesi pagi, rider yang sudah ditabalkan sebagai Raja Hujan Jack Miller (MarcVDS-Honda) menjadi yang tercepat. Catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 37,467 detik. Dia bersaing dengan Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo (Ducati) di bagian awal sesi.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, sulit diprediksi

rider yang kuat di sesi kualifikas­i. Kecuali Marquez yang tampak konsisten dalam pencapaian

single lap. ’’Aku menyukai sirkuit ini. Namun, meski aku menyukainy­a, untuk beberapa alasan, hasil balapan terkadang tidak sesuai dengan harapan. Jadi, kita lihat saja. Finis di podium akan sangat bagus,’’ kata Marquez sebagaiman­a dilansir situs resmi MotoGP. Hari ini diprediksi masih terjadi hujan. Rider top mengharapk­an kondisi membaik menjelang sesi kualifikas­i nanti malam.

Honda dan Yamaha berbagi rekor kemenangan di Le Mans. Sejak pertama menggelar balapan kelas premium pada 2000, dua pabrikan tersebut sama-sama mengantong­i tujuh kemenangan.

Saat ini Rossi memimpin klasemen pembalap dengan meraih 62 poin. Itu raihan terendah setelah empat seri sejak sistem poin baru diberlakuk­an pada 1993. Datang di Le Mans akhir pekan ini, Yamaha adalah favorit. Tahun lalu, selain Yamaha yang finis 1-2, Maverick Vinales yang masih berbendera Suzuki meraih podium pertamanya di MotoGP. ’’Le Mans adalah trek yang bagus untuk kami, cocok dengan gaya balapku!’’ kata Vinales, 22.

Sementara itu, prediksi cuaca menyebutka­n bahwa hujan tidak akan terjadi pada Minggu. Hanya berawan. Tapi, jika hujan benarbenar mengguyur, peluang akan terbuka untuk siapa pun. Jack Miller sangat kuat di trek basah. Begitu juga rider LCR-Honda Cal Crutchlow. Dan, jangan lupa, sang bintang muda Yamaha Tech 3 Johann Zarco bakal bertarung di kandang sendiri. (cak/c4/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia