Jawa Pos

PKPI Deklarasi Garda Republik Indonesia

-

JAKARTA – Hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni juga diperingat­i Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Bertempat di lokasi tak jauh dari ledakan bom Kampung Melayu, PKPI pimpinan A.M. Hendropriy­ono bersama sejumlah jaringan ormas pemuda mendeklara­sikan berdirinya Garda Republik Indonesia.

Sekretaris Jenderal PKPI Imam Anshori Saleh menyatakan, pihaknya mendeklara­sikan Garda RI sebagai wadah jaringan atau ormas pemuda yang memiliki kesamaan pandangan atas pentingnya Pancasila. Garda RI adalah gerakan sosial kemasyarak­atan untuk menyampaik­an pentingnya nilai-nilai Pancasila. ”Ini hanya mewadahi, bukan bagian dari PKPI,” kata Imam selaku deklarator kemarin (1/6).

Dalam deklarasi itu, sejumlah ormas yang hadir menyatakan diri untuk bergabung. Di antaranya, Warga Jaya, Masyarakat Transmigra­si Indonesia, dan unsur dari GP Ansor. Menurut Imam, nanti bertambah lagi jari- ngan dan ormas yang masuk dalam Garda RI. ”Kami cair saja, siapa yang mau gabung silakan, demi gerakan pro-Pancasila sekaligus menangkal radikalism­e,” kata mantan komisioner Komisi Yudisial tersebut.

Imam menjelaska­n, deklarasi Garda RI sengaja dilaksanak­an bertepatan dengan hari lahir Pancasila. Itu yang membuat belum banyak ormas bergabung. Namun, dalam pembicaraa­n lisan, sudah ada yang menyatakan siap untuk memperkuat Garda RI. ”Kami berharap nanti bisa bergabung secara tertulis,” ujarnya.

Garda RI, lanjut Imam, akan menjadi garda jika muncul kembali aksi radikalism­e maupun terorisme. Garda RI juga akan menjadi sarana edukasi agar masyarakat tidak terpengaru­h gerakan radikalism­e. ”Jika diperlukan, ada respons terhadap gerakan yang bertentang­an dengan ideologi bangsa,” tandasnya. (bay/c7/fat)

 ?? PKPI ?? WADAH GERAKAN: PKPI bersama sejumlah ormas pemuda mendeklara­sikan Garda RI di dekat lokasi ledakan bom Kampung Melayu kemarin.
PKPI WADAH GERAKAN: PKPI bersama sejumlah ormas pemuda mendeklara­sikan Garda RI di dekat lokasi ledakan bom Kampung Melayu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia