Jawa Pos

Bagi Takjil dari Sabang sampai Merauke

- (vir/c14/noe)

hanya pemilik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang bisa bersatu dalam satu wadah komunitas. Pendahulu mereka, pemilik Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, juga telah bergabung dalam satu wadah komunitas bernama Galaci (Agya Ayla Club Indonesia).

Klub yang memiliki 29 chapter itu lahir di Sidoarjo pada 5 September 2015. Dipimpin Wiwin Rosita Hadi, Galaci pun menjadi ajang bagi pencinta duo kendaraan besutan Astra tersebut untuk bersosiali­sasi.

Dari 779 anggota komunitas, 60 persen didominasi pemilik Daihatsu Ayla. Klub yang digagas Auto2000 itu didirikan untuk saling berbagi informasi mengenai Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla. Di antaranya, tukar-menukar informasi mengenai spare part dan mesin kendaraan, promo, maupun modifikasi mobil.

Kepala Divisi Humas Galaci Indonesia Aslakhul Umam menyatakan, modifikasi mobil paling sering dilakukan chapter Bali maupun Jakarta. ’’Mereka setiap minggu bisa berkumpul untuk melakukan modifikasi, oprek bareng, dan ikut kontes modifikasi,’’ tutur Umam. Seperti klub-klub otomotif lainnya, Galaci memiliki beberapa agenda rutin seperti kopi darat, gathering, touring, maupun bakti sosial. Acara yang dihelat dalam waktu dekat adalah pembagian takjil nasional pada 4 Juni mendatang. Acara tersebut baru kali pertama diadakan Galaci. ’’Pada 4 Juni nanti, semua chapter Galaci dari Sabang hingga Merauke memba gikan takjil secara serentak. Lalu, kegiatan itu di- update melalui Facebook secara langsung,’’ jelas pemilik Daihatsu Ayla tersebut. Total takjil yang akan dibagikan secara nasional mencapai 100 ribu hingga 150 ribu pax. Untuk wilayah Surabaya, pembagian dilakukan di depan Kebun Binatang Surabaya. Di wilayah Sidoarjo, pembagian takjil bakal terpusat di kompleks GOR (Gelanggang Olahraga) Sidoarjo. ’’ Touring, rencananya, baru kami lakukan nanti setelah Ramadan,’’ jelas Umam.

Selama ini Galaci cukup aktif melakukan touring sebanyak 2–3 kali dalam sebulan, bergantung setiap chapter. Untuk chapter Sidoarjo, touring rutin dilakukan menjelajah­i kawasan wisata di Jawa Timur. Ada pula touring gabungan bagi seluruh chapter Galaci di Jawa Timur, yakni setiap tiga bulan sekali.

Jawa Timur memiliki 10 chapter. Yakni, Kediri, Probolingg­o, Blitar, Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Bonber (Bondowoso– Jember), dan Malang.

Untuk mempererat rasa guyub dengan chapter lainnya di Indonesia, ada pula touring gabungan setiap 6 bulan sekali. ’’Acara paling menarik bagi komunitas adalah touring. Kami pun gencar bekerja sama dengan hotel- hotel untuk mendapatka­n potongan harga agar bisa disinggahi saat touring,’’ tutur Umam.

Dukungan penuh juga didapatkan dari diler Auto2000 maupun diler-diler Daihatsu. Biasanya, saat ada promo maupun test drive, perwakilan Galaci kerap diundang.

 ?? GALACI FOR JAWA POS ?? KOMPAK: Touring nasional Galaci pada Maret 2017 di Jogjakarta. Foto kiri, deretan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya anggota Galaci di salah satu diler Auto2000.
GALACI FOR JAWA POS KOMPAK: Touring nasional Galaci pada Maret 2017 di Jogjakarta. Foto kiri, deretan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya anggota Galaci di salah satu diler Auto2000.
 ?? GALACI FOR JAWA POS ??
GALACI FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia