Jawa Pos

Real Tengah Kota, Juve Pedesaan

-

Melainkan juga keberadaan mantan pemain-pelatih lain yang membela dua klub finalis.

Di antaranya, Ian Rush, striker legendaris Wales yang pernah berkostum Juventus pada 1986– 1988. Meski gagal meraih prestasi bersama Juventus yang akan meladeni Real Madrid di partai puncak, Rush bangga pernah menjadi bagian dari sejarah raksasa Italia itu.

”Saya hanya 18 bulan di Juve, tetapi banyak memori hebat. Saya percaya tim Juve saat ini merupakan tim yang hebat dan punya beberapa pemain berkualita­s,” ungkap Rush di sela-sela pembukaan UEFA Champions Festival di Cardiff Bay kemarin (1/6).

Karena itu, meski tidak secara terang-terangan, Rush cenderung menjagokan Juve dalam final. ”Asalkan bermain konsisten seperti cara mereka mencapai final,” ucap mantan bintang Liverpool yang kini berusia 55 tahun tersebut.

Selain Rush, Cymru –sebutan lain Wales– punya John Toshack. Dia adalah pelatih legendaris Wales yang pernah dua periode mengarsite­ki Real Madrid. Yakni, pada 1989–1990 dan 1999. Trofi La Liga dipersemba­hkannya bagi Real di periode pertamanya.

”Saya, Gareth Bale, dan John Toshack yang pernah menjadi bagian dari dua tim di final Liga Champions tahun ini adalah bukti bahwa Wales adalah negeri yang punya sejarah sepak bola bagus di Eropa. Kita harus bangga menjadi Wales,” jelas Rush.

Di sisi lain, dua tim finalis dijadwalka­n sudah menginjakk­an kaki di Cardiff hari ini (2/6). Real, misalnya. Sergio Ramos dkk diprediksi datang lebih awal pada malam waktu setempat dan menginap di Hotel Mercure Cardiff Holland House.

Hotel bintang empat yang ber- lokasi di Newport Road itu persis berada di tengah kota. Hanya berjarak lima menit jalan kaki menuju Cardiff City Centre (kawasan pusat kota). Atau 20 menit jalan kaki ke Millennium Stadium, venue final.

Sterilisas­i di sekitar hotel pun dilakukan rutin, pagi dan sore, sejak Selasa (30/5). Real sengaja memilih hotel di pusat kota karena terinspira­si saat memenangi Liga Champions 2014 dan 2016. Kala itu klub berjuluk Los Merengues tersebut menginap di pusat Kota Lisbon dan Milan.

Berbeda dengan Real, Juve memilih ”bermarkas” jauh dari pusat kota. Bahkan, Vale Resort Hotel yang ditempati Gianluigi Buffon dkk berada di kawasaan pedesaan. Persisnya di Hensol, Vale of Glamorgan, yang berjarak sekitar 17 kilometer dari Cardiff. Vale Resort juga berdekatan dengan Hensol Castle, kastil yang sering menjadi tujuan wisata di kawasan Wales Selatan. (*/c10/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia