Jawa Pos

BBC Mana Yang Lebih Hebat?

-

CARDIFF – Real Madrid dan Juventus yang bertarung di final Liga Champions musim ini sama-sama mengandalk­an BBC. Itu singkatan dari Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo di lini depan Real serta Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini di pertahanan Juventus.

Nah, final nanti menjadi pembuktian BBC mana yang lebih sakti. Dan, tentu saja, mereka akan berhadap-hadapan di lapangan karena posisi yang diemban masing-masing.

Juventus lebih dahulu punya BBC ketimbang Real. BBC milik Bianconeri, julukan Juventus, terbentuk ketika Bonucci-Barzagli-Chiellini disatukan pada 2011. BBC di Real terbangun dua tahun kemudian. Kedatangan Gareth Bale pada musim panas 2013 lalu melengkapi kepingan lini depan Real yang punya singkatan mirip dengan media dari Inggris itu.

Yang juga patut dicatat, dua BBC ini, baik di kubu Juventus maupun Real, dibangun orang Italia. BBC Juventus lahir dari ta- ngan Antonio Conte, sedangkan BBC Real oleh Carlo Ancelotti.

Nah, musim ini BBC Real maupun BBC Juventus samasama tidak bermain bersama dalam jumlah pertanding­an yang besar. Di kubu Real, cedera yang sampai tiga kali dalam semusim membuat Bale teralienas­i dari tim. Berturut-turut cedera pinggang, engkel, dan betis membuat pemain yang punya julukan The Welsh Wizard itu dirumorkan hengkang pada akhir musim ini.

Yang membikin runyam situasi Bale adalah para substitusi­nya menunjukka­n performa yang sepadan. Terutama Isco yang benarbenar mencuri perhatian Madridista. Tidak punya kemampuan berlari kencang seperti Bale, Isco memiliki visi permainan ciamik dan dribbling yang solid.

Belum lagi ada nama Lucas Vazquez, Marco Asensio, James Rodriguez, serta Alvaro Morata yang juga sering dipasang Zidane. Musim ini rotasi ala entrenador Zinedine Zidane bergulir mulus. Sebanyak 20 di antara 24 pemain yang dimiliki bermain dengan minute play di atas 1.000 menit.

Sebagaiman­a diberitaka­n AP kemarin (1/6), bugarnya Bale di final Liga Champions ini memberikan pekerjaan rumah tambahan buat Zidane. Apakah Isco yang dipasang atau malah Bale yang punya motivasi berlipat karena tampil di rumah sendiri.

’’(Pemilihan) ini akan menjadi keputusan yang sulit diambil. Mereka berdua adalah pemain yang sama bagusnya dan penting bagi tim. Bale tampil lebih sedikit musim ini, namun dia sudah pulih dari cedera. Sedangkank­itatahusep­ertiapa permainan Isco,’’ beber Zidane.

Musim ini, dengan cederanya Bale, Zidane mengakali kerangka timnya dengan lebih bereksplor­asi. Formasi 4-3-3 tidak lagi menjadi keharusan. Pria 44 tahun itu beruji coba memakai 4-4-2, 4-2-2-2, 4-3-1-2, sampai 3-5-2.

ESPN kemarin (1/6) mengabarka­n, Bale tampak menyadari kehadiran BBC versi Real di final tidak bisa digaransi. Pemain 27 tahun tersebut sadar bahwa musim ini dirinya lebih banyak berkutat dengan meja operasi dan dokter. (dra/c19/ham)

 ?? EPA/FLAVIO LO SCALZO ?? KUKUH: Dari kiri, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini yang dianggap sebagai kolaborasi pertahanan terbaik saat ini.
EPA/FLAVIO LO SCALZO KUKUH: Dari kiri, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini yang dianggap sebagai kolaborasi pertahanan terbaik saat ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia