Jawa Pos

Naikkan Bonus demi Duodecima

-

BONUS, uang, atau apa pun namanya adalah ”doping” terbaik untuk mendongkra­k motivasi bermain. Bahkan, buat para pemain Real Madrid yang gaji per pekannya mencapai miliaran rupiah, bonus tambahan untuk satu laga besar seperti final Liga Champions tetap dinanti.

Marca memberitak­an, untuk mengejar titel Duodecima alias mahkota ke-12 buat Real di Liga Champions itu, para pemain meminta kenaikan bonus. Tak tanggung-tanggung, Sergio Ramos dkk minta diganjar bonus EUR 1,5 juta (Rp 22,38 miliar) per pemain kalau sampai juara di Cardiff. Bila dibandingk­an dengan tahun lalu, besaran itu naik EUR 800 ribu (Rp 11,93 miliar) per orang.

Jadi, kalau ditotal, uang yang harus dikeluarka­n Real menca pai EUR 80 juta ( Rp 1,19 triliun) untuk para pemain be- serta jajaran staf kepelatiha­n se an dai nya Los Merengues –julukan Real– juara di Cardiff pada Minggu dini hari (4/6). Nah, wajar jika para pemain Real minta bonusnya naik. Menang beruntun di Liga Champions bukan sesuatu yang gampang untuk dicapai. Apalagi, Liga Champions adalah kompetisi yang kental dengan tradisi dan histori.

Sejak berganti nama menjadi Liga Champions pada musim 1992–1993, belum ada satu tim yang sanggup mengangkat si Kuping Lebar dalam dua musim berturut tersebut. Hanya AC Milan era Arrigo Sacchi pada musim 1988–1989 dan 1989–1990 yang terakhir melakukann­ya.

Optimisme untuk juara ke-12 kalinya musim ini digeloraka­n gelandang Real Marco Asensio. Kepada pemain 21 tahun itu menyatakan bahwa menang di Cardiff akan menyempurn­akan musim 2016–2017. Setelah merebut gelar La Liga dari tangan Barcelona musim ini, kini Asensio yakin Juventus bisa ditaklukka­n. ”Saya tahu ini akan menjadi pertanding­an yang sulit karena Juventus tim yang besar. Kami harus mencoba jalan (permainan, Red) yang kami lakukan sepanjang musim ini,” tuturnya. ”Kami berpengala­man. Sebab, ini final ketiga dalam empat tahun belakangan,” tambah mantan pemain Mallorca tersebut. (dra/c16/ham)

 ?? EPA/MARISCAL ?? EFE, MOTIVASI: Bintang Real Gareth Bale sangat antusias menuju final karena bermain di kota kelahirann­ya, Cardiff.
EPA/MARISCAL EFE, MOTIVASI: Bintang Real Gareth Bale sangat antusias menuju final karena bermain di kota kelahirann­ya, Cardiff.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia