Jawa Pos

Penentuan Melawan Ceko

-

MARSEILLE – Kepercayaa­n diri timnas U-19 tidak terganggu kendati harus menelan kekalahan dalam pertanding­an pertama festival sepak bola Toulon Tournamen di Prancis. Kekalahan tipis 0-1 (0-1) dari timnas Brasil U-20 di pertanding­an grup C yang berlangsun­g di Stade d’Honneur Marcel Roustan, Prancis, itu tidak mengganggu mental para pemain.

Wide Ananda, asisten manajer timnas U-19, menyatakan bahwa tidak ada sedikit pun raut kekecewaan dari Rachmat Irianto dan kawan-kawan setelah pertanding­an. Sebab, meski kalah, secara permainan, tim besutan Indra Sjafri tersebut telah menunjukka­n penampilan yang sangat luar biasa sepanjang pertanding­an melawan Brasil yang merupakan salah satu tim favorit juara itu. ”Para pemain sudah move on dari hasil kekalahan kemarin. Dan, saat ini mereka mulai berfokus di pertanding­an selanjutny­a. Jujur, pertanding­an pada hari perdana kemarin sangat melelahkan. Sebab, lawan yang dihadapi sangat bagus dan memberikan tekanan sepanjang pertanding­an,” ungkapnya.

Rachmat Irianto dan kawan-kawan me- mang harus pulang dengan kepala tertunduk setelah gol semata wayang Brasil yang diciptakan Gabriel Novaes pada menit ke38. Striker Samba Junior –sebutan Brasil U-20– itu berhasil memaksimal­kan bola rebound hasil sepakan keras fullback Emerson Aparecido dari luar kotak penalti.

Indra Sjafri menyampaik­an, sejatinya mereka mampu keluar dari tekanan dan menguasai jalannya pertanding­an. Berdasar statistik pertanding­an, Garuda Jaya –julukan timnas U-19– berhasil menguasai 52 persen. ”Tapi, pemain kami belum beradaptas­i se- penuhnya dengan cuaca di Prancis. Anakanak kelelahan setelah menjalani perjalanan jauh,” ujarnya.

Meski begitu, Indra optimistis anak asuhnya bisa bermain lebih bagus dan meraih hasil yang lebih memuaskan pada laga berikutnya. Dalam laga selanjutny­a, Indonesia bersua Republik Ceko pada 3 Juni. ”Kami sudah melakukan evaluasi dan segera memperbaik­i kekurangan yang ada,” tandasnya.

Rachmat Irianto, kapten tim, menuturkan bahwa para pemain sempat terpukul dengan kekalahan dalam pertanding­an perdana tersebut. Sebab, mereka memiliki banyak peluang yang seharusnya berbuah gol. ”Tetapi, kami sudah melupakan semuanya. Fokus kami saat ini adalah berusaha memenangka­n laga berikutnya,” katanya.

Indonesia masih menyisakan dua pertanding­an di babak penyisihan grup tersebut. Masing-masing melawan Republik Ceko pada 3 Juni serta melawan Skotlandia tiga hari kemudian. Namun, mereka wajib menang melawan Ceko untuk bisa menjaga asa lolos penyisihan grup. (ben/c16/tom)

 ?? FESTIVAL-FOOT-ESPOIRS ?? BISA BERSAING: Bek timnas U-19 Indonesia Rachmat Irianto (kiri) membayangi pemain timnas U-20 Brasil Igor Gomes di Stade d’Honneur Marcel Roustan, Prancis, Rabu malam WIB. Penampilan timnas cukup baik dan mampu mengimbang­i permainan Samba junior....
FESTIVAL-FOOT-ESPOIRS BISA BERSAING: Bek timnas U-19 Indonesia Rachmat Irianto (kiri) membayangi pemain timnas U-20 Brasil Igor Gomes di Stade d’Honneur Marcel Roustan, Prancis, Rabu malam WIB. Penampilan timnas cukup baik dan mampu mengimbang­i permainan Samba junior....

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia