Jawa Pos

Bersandar, Suguhkan Pertunjuka­n Seni

-

SURABAYA – Surabaya kedatangan tamu asing lagi di Pelabuhan Tanjung Perak. Kali ini bukan kapal pesiar berisi wisatawan, melainkan kapal perang. Tak tanggungta­nggung, empat kapal perang asal India bersandar di tepi laut Surabaya pada Kamis pagi (1/6)

Empat kapal itu adalah Indian Navy Ship (INS) Sahyadri, INS Shivalik, INS Jyoti, dan INS Kamorta. Keempatnya tiba di Surabaya setelah beberapa hari mampir di Jakarta.

Angkatan laut India tersebut datang ke Surabaya dalam rangka kunjungan kenegaraan. Begitu merapat, mereka disambut Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto. ’’Meskipun bukan kunjungan pertama INS, kunjungan tersebut tetap sangat penting bagi kami untuk merekatkan kerja sama angkatan laut kedua negara,” tutur Edi dalam sambutanny­a.

Kapal tersebut menepi di Tanjung Perak hingga 5 Juni. Pada hari pertama kemarin, puluhan kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) berkesempa­tan mengunjung­i kapal yang masing-masing sepanjang 109 meter itu. Sebaliknya, kapten dan anak buah kapal (ABK) INS menyambang­i markas Koarmatim di Ujung.

Tidak hanya ke markas TNIAL, ABK INS juga dijadwalka­n mengunjung­i PT PAL dan Kantor Wali Kota Surabaya meskipun sifatnya masih tentatif. ABK akan memiliki banyak waktu untuk mengeksplo­rasi sebagian Surabaya. Rencananya, para ABK INS menyuguhka­n pertunjuka­n musik di Taman Bungkul, Surabaya. Dengan begitu, mereka juga bisa berinterak­si dengan masyarakat lokal.

Kapal perang tersebut tidak hanya membawa prajurit angkatan laut India. Mereka juga membawa sejumlah seniman yang akan mementaska­n kesenian India. Kapan masyarakat bisa menikmati pertunjuka­n itu? Tepatnya pada momen open ship. Ya, INS akan menggelar open ship untuk warga selama dua hari, yakni Sabtu (3/6) dan Minggu (4/6). Dalam kesempatan itu, warga bisa menilik langsung bagian dalam kapal yang masingmasi­ng mampu mengangkut 100–200 ABK tersebut.

Kedatangan empat kapal itu bertepatan dengan bulan Ramadan. Namun, mereka berharap momen puasa tidak menghalang­i semangat para prajurit TNI-AL maupun warga Surabaya untuk menyambut kedatangan tentara India tersebut. Karena itu, akan ada beberapa olahraga untuk kalangan petinggi Armada Timur. Cukup olahraga ringan, seperti golf dan senam pagi.

INS Jyoti dan kawan-kawan bakal berlayar lagi pada Senin pagi (5/6). Tujuan mereka setelah Surabaya adalah Papua Nugini dan Australia. Khusus di Australia, mereka akan melaksanak­an latihan gabungan dengan angkatan laut setempat. Edi tidak lupa berpesan kepada ABK untuk memanfaatk­an waktu sebaikbaik­nya selama di Surabaya. ’’Semoga bisa menikmati dan bersantai selama di Surabaya sebelum kembali mengemban tugas,” pesannya. (deb/c7/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia