Jawa Pos

Sidak Jasa Penukaran Uang Baru

-

SIDOARJO – Ramadan baru berjalan seminggu. Tapi, saat ini jasa penukaran uang baru sudah mulai bermuncula­n di Kota Delta. Di antaranya, di Jalan Pahlawan dan Taman Pinang Indah (TPI). Polisi merasa perlu mengantisi­pasi peluang munculnya tindak pidana. Mulai peredaran uang palsu sampai potensi perampasan oleh pelaku kriminalit­as.

Karena itu, kemarin (1/6) petugas melakukan sidak ke beberapa tempat jasa penukaran uang baru yang berjajar di Jalan Pahlawan. Mereka memberikan imbauan sekaligus pemeriksaa­n keaslian uang yang dipajang di etalase. ”Upaya mengantisi­pasi peredaran uang palsu,” ujar Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Rochsulull­ah.

Dalam pemeriksaa­n itu, petugas tidak menemukan adanya uang palsu (upal). Rochsul dan personelny­a pun mengingatk­an para ”pedagang” tersebut untuk lebih berhati-hati. Misalnya, hanya memajang contoh uang baru. ”Dipajang satu lembar saja. Lain- nya disimpan agar tidak jadi sasaran kejahatan,” ungkapnya.

Rochsul menerangka­n, penyedia jasa penukaran uang cukup rawan menjadi korban kriminalit­as. Di antaranya, penipuan dan perampokan. Jarak yang bersebelah­an dengan jalan raya membuat potensi kejahatan cukup terbuka. ”Bukan tidak mungkin pengendara yang sedang melintas langsung merampas uang yang dipajang,” jelasnya.

Mantan Kaurgakkum Subbid Provos Propam Polda Jatim tersebut juga mengimbau warga yang hendak menukarkan uang bisa lebih waspada. Minimal memeriksa keaslian dan menghitung ulang uang yang ditukarkan. ”Diperiksa dengan teliti. Jangan sampai rugi karena yang didapat adalah uang palsu,” kata perwira polisi dengan satu melati di pundak itu.

Salah satu penyedia jasa penukaran uang di Jalan Pahlawan adalah Robi Suyono. Lelaki 36 tahun tersebut mengaku sudah belasan tahun melakoni bisnis tahunan itu. ”Di luar puasa jadi tukang bangunan,” tuturnya. (edi/c6/hud)

 ??  ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS TETAP WASPADA: Saat ini di beberapa kawasan sudah banyak jasa penukaran uang baru. Di antaranya, di Jalan Pahlawan dan Jalan Taman Pinang Indah.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TETAP WASPADA: Saat ini di beberapa kawasan sudah banyak jasa penukaran uang baru. Di antaranya, di Jalan Pahlawan dan Jalan Taman Pinang Indah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia