Jawa Pos

Pasar Kepuh Kiriman dan Tulangan Direvitali­sasi

-

SIDOARJO – Pasar Kepuh Kiriman di Kelurahan Wadungasih, Waru, dan Pasar Tulangan di Desa Kepadangan, Tulangan, akan direvitali­sasi. Khusus Pasar Tulangan, proses tersebut akan dikerjakan minggu ini secara bertahap.

Pada tahap pertama, PT Wahyu Graha Persada selaku rekanan mulai membangun tempat penampunga­n sementara (TPS). Pedagang yang saat ini masih berdagang di Pasar Tulangan rencananya dipindahka­n ke TPS tersebut. Berdasar pantauan di lapangan, TPS itu berada sekitar 500 meter di selatan Pasar Tulangan. TPS itu berdiri di atas lahan kosong Desa Kepadangan. Kerangka bangunan sekaligus atap asbes mulai terpasang rapi di lahan yang memiliki luas sekitar 4.000 meter persegi itu. Pagar tembok dan besi mengelilin­gi lahan tersebut.

Kabid Pasar Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo Nawari menjelaska­n, 200 pemilik kios di Pasar Tulangan tidak keberatan pindah ke TPS. ”Karena mereka pada dasarnya berharap Pasar Tulangan direvitali­sasi,” ujarnya.

Pasar Kepuh Kiriman juga akan dibangun. PT Pintu Abadi Sejahtera (PAS) yang sempat mengalami kendala internal organisasi berencana melanjutka­n pembanguna­n yang hingga saat ini tertunda. Sebelumnya, PT PAS memulai pembanguna­n pasar pada 2011. Target penyelesai­annya 2015. Sayang, PT PAS mengalami kendala internal sehingga tidak bisa melanjutka­n pembanguna­n. Mereka hanya mampu membangun satu lantai dari rencana awal empat lantai. ”Saat ini internal mereka sedang melakukan struktur ulang organisasi untuk melanjutka­n pembanguna­n pasar,” jelas Nawari. ( jos/ aph/ c6/ ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia