Jawa Pos

Ngabuburit Seru ala Komunitas Trailmania

-

GRESIK – Bendung Gerak Sembayat (BGS) menjadi arena ngabuburit asyik. Saban sore selama Ramadan, ratusan pengunjung memenuhi bendungan di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, itu.

Kemarin (1/6) pengunjung dihibur atraksi berani para rider trail. Puluhan rider menunjukka­n kebolehan nge-trail menaiki tanggul beton BGS dengan kemiringan 45 derajat. Tingginya sekitar 6 meter.

”Aksi seperti ini kami lakukan setiap sore. Lumayan sambil menunggu buka puasa,” kata Suprihadi, seorang rider. Para rider yang tergabung dalam GMX itu punya skill di atas rata-rata.

Ada beberapa anggota yang jatuh. Untung, kepala mereka tidak terbentur beton. Mereka bangkit lagi dan kembali beraksi. Para pemuda tersebut tergabung dalam komunitas trailmania. Mereka merupakan kumpulan anak-anak muda dari wilayah pantura. Di antaranya, Sidayu, Bungah, Dukun, dan Manyar.

Sugiono, anggota lain, menyatakan bahwa atraksi naik turun-bukit dengan tingkat kecuraman tinggi sudah biasa. Anggota komunitas Trailmania juga piawai melakukan atraksi akrobatik berbahaya berupa free style.

Beberapa manuver kerap didemonstr­asikan. Salah satunya rotary. Rotary adalah gerakan berputar-putar dengan posisi roda depan motor terangkat ke utara. Ada juga stoppie. Yaitu, manuver dengan posisi roda belakang yang terangkat. Satu lagi burn out. Manuver tersebut membuat roda belakang berputar kencang di permukaan tanah saat roda depan dalam kondisi diam. Benar-benar mengguncan­g adrenalin. ’’Kunci olahraga ini adalah keberanian dan ketekunan dalam berlatih,” tutur Sugiono. (mar/c6/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? ATRAKSI: Anggota komunitas trailmania beraksi di Bendung Gerak Sembayat kemarin sore. Mereka jadi tontonan warga.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ATRAKSI: Anggota komunitas trailmania beraksi di Bendung Gerak Sembayat kemarin sore. Mereka jadi tontonan warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia