Jawa Pos

Punya Keuntungan dengan Durasi Persiapan

-

BONDOWOSO – Adu kreativita­s puluhan grup terjadi pada pembukaan audisi Festival Ramadan Kabupaten Bondowoso. Grup hadrah al banjari dari Bondowoso, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi bersaing ketat. Begitu pula grup musik patrol yang merebutkan piala Kapolda Jatim.

Sangat mungkin peserta yang tampil kemarin menerapkan masukan dewan juri. Perpaduan musik dan vokal amat rapi. Hasilnya pun sangat bagus.

Dimusikpat­rol, grup j awar ayang sering tampil di event Festival Ramadan bermuncula­n. Di antaranya, J ember Putra Per cus ion, Putra Cempaka, dan Bek o h Kereng. Mereka menampilka­n etnik budaya dan musik kontempore­r.

Memang, durasi persiapan mereka lebih panjang. Sebab, pelaksanaa­n di Bondowoso berada di urutan ketiga tahun ini. Mereka juga mendapat informasi skuad grup yang tampil di dua kota sebelumnya.

Selain penampilan grup yang meriah, masyarakat Bondowoso memadati area alunalun di kota tersebut. Mereka menyaksika­n audisi sekaligus berbelanja produk yang disediakan sponsor. Maklum, harga yang disajikan sponsor kali ini lebih murah daripada di pasaran. Ada pula hadiah bagi warga yang berbelanja lebih dari Rp 20 ribu. ’’Hadiah langsung tanpa diundi,’’ ucap Victorinus S.N., perwakilan Luwak White Koffie.

Dia menyatakan, masyarakat Bondowoso dan sekitarnya adalah pencinta kopi. Audisi di kota itu membawa keberuntun­gan baginya. Hari ini booth Luwak White Koffie masih digelar. ’’Masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk berbelanja produk dengan harga murah,’’ imbuhnya.

Audisi kota ketiga tersebut dibuka pukul 20.30. Forum komunikasi pimpinan daerah hadir pada event itu. Begitu pula Cholik Baya, direktur Radar Jember selaku perwakilan Jawa Pos.

Cholik menuturkan, audisi Festival Ramadan di Bondowoso adalah kali kedua. Berdasar pengalaman dari tahun ke tahun, audisi wilayah timur selalu ramai. ’’Grup patrol selalu jadi andalan,’’ katanya.

Dia berterima kasih kepada Pemkab Bondowoso, Polres Bondowoso, serta Luwak White Koffie yang mendukung penyelengg­araan acara tersebut. Dia juga menyemanga­ti para peserta. ’’Maksimalka­n penampilan kalian agar lolos ke grand final di Surabaya,’’ tuturnya. (riq/c18/diq)

 ?? THORIQ/JAWA POS ?? KETAT: Grup Jember Putra Percussion tampil memukau di audisi hari pertama di alun-alun tadi malam.
THORIQ/JAWA POS KETAT: Grup Jember Putra Percussion tampil memukau di audisi hari pertama di alun-alun tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia