Jawa Pos

Misi Maksimal Jawara Latin

-

PIALA Konfederas­i 2017 masih sepuluh hari lagi. Namun, Cile sudah menjejakka­n kaki di Rusia pada Selasa malam waktu setempat (6/6). Jawara Amerika Latin (Copa America) dua edisi terakhir (2015 dan 2016) itu datang dengan membawa semua pemain terbaiknya.

Di bawah mistar, ada Claudio Bravo (Manchester City), Gary Medel (Inter Milan), dan Mauricio Isla (Cagliari) yang mengawal lini pertahanan. Yang paling krusial adalah hadirnya Arturo Vidal (Bayern Muenchen) dan Alexis Sanchez (Arsenal). ” Turnamen ini (Piala Konfederas­i, Red) adalah partisipas­i pertama bagi Cile dan kami ingin bermain maksimal,” kata Vidal sebagaiman­a diberitaka­n ESPN. ”Kami juga ingin mencari pijakan untuk Piala Dunia 2018,” imbuh pemilik 88 caps dan 22 gol tersebut.

Dalam sejarah di Piala Konfederas­i atau sejak 1992, jawara Latin punya rekam jejak yang bagus. Brasil adalah tim tersukses dengan empat gelar, lalu disusul Argentina dengan sekali gelar. Uruguay yang pernah menjadi wakil Amerika Selatan lainnya juga selalu menembus semifinal dalam dua kali partisipas­inya.

Pelatih Cile Juan Antonio Pizzi menambahka­n, datang lebih awal ke Rusia sangat penting dalam rangka adaptasi maupun aklimatisa­si. La Roja, sebutan Cile, punya agenda sebelum melakoni matchday pertama grup B kontra Kamerun di Otkrytiye Arena, Moskow, pada 19 Juni nanti. Yakni, memanaskan mesin melawan Rusia pada Selasa (13/6) di VEB Arena.

Selain itu, persiapan Cile di Piala Konfederas­i dimulai dengan menang 3-0 atas Burkina Faso di Santiago pada 3 Juni lalu. ”Saya beruntung masih memiliki tim dengan para pe ma in berpengala­man. Tapi, atmosfer setiap turnamen maupun pertanding­an selalu berbeda,” kata Pizzi kepada El Pais.

Sementara itu, meski jarak Cile dan Rusia sangat jauh (17.121 kilometer), 8 ribu tiket untuk pertanding­an yang melibatkan Cile terjual. ( dra/c16/dns)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia