Jawa Pos

Finis di Tangan Jurnalis

Arda Turan Pensiun dari Timnas

-

ANKARA – Arda Turan mencatat caps ke-97 saat tampil melawan Makedonia Selasa lalu (6/6). Nah, jumlah caps Turan, tampaknya, harus terhenti di angka 97. Sebab, dia sudah memutuskan pensiun dari tim nasional (timnas) Turki.

Alasan yang melatarbel­akangi keputusan Turan juga cukup konyol. Dia pensiun setelah bersitegan­g dengan jurnalis Milliyet, Bilal Mese, pascalaga melawan Makedonia. Turan menuduh Mese telah menodai kehormatan dirinya dan keluargany­a. Semua itu tak lepas dari pemberitaa­n saat Euro di Prancis tahun lalu.

Saat itu Ay-Yildizlila­r, julukan timnas Turki, gagal lolos ke babak knockout karena hanya menempati peringkat ketiga grup D. Spekulasi soal kegagalan pun merebak. Salah satunya so- al bonus performa. Itulah yang membuat Turan gusar. Sebab, berita soal bonus sebetulnya bukan konsumsi publik.

Turan saat itu memang sempat bertemu dengan Presiden TFF (Federasi Sepak Bola Turki) Yildirim Demiroren. Nah, pertemuan yang membicarak­an soal bonus tersebut, tampaknya, bocor ke media. Turan pun mendamprat Mese yang mengangkat isu soal bonus di medianya. ’’Ayolah! Katakan! Dari mana kau mendapat bahan seperti itu?’’ ucap pemain 30 tahun tersebut sebagaiman­a dikutip Reuters kala itu.

Emosi Turan kembali meletup Selasa lalu (6/6). Itu terjadi setelah dia melihat Mese berada satu pesawat dengan rombongan timnas Turki. ’’Bosmu adalah presiden TFF, bukan? Saya tegaskan kepadamu. Aku akan hengkang dari sepak bola sebelum orang lain bisa mengatanga­tai kehormatan­ku maupun keluargaku,’’ dampratnya.

Turan yang masih dibalut emosi sempat mencekik leher Mese. Pemain Barcelona itu juga melayangka­n pukulan. Dua rekannya, Burak Yilmaz dan Caner Erkin, spontan mencegahny­a ketika Turan hendak melayangka­n pukulan susulan.

Dilansir dari CNN Turk, Mese sempat mengira gelandang bernomor punggung 7 tersebut hanya bercanda. ’’Hingga kemudian ada satu pukulan yang melayang ke arahku,’’ beber pria yang memulai karir jurnalisti­knya dengan menjadi koresponde­n Besiktas itu.

Pascainsid­en tersebut, pelatih timnas Turki Fatih Terim langsung mendepak Turan dari kamp latihan di Slovenia Selasa (6/6). Satu jam setelah Terim mencoret namanya, Turan langsung meng- umumkan pensiun dari timnas.

’’Aku pikir ini adalah waktu yang tepat,’’ kata Turan sebagaiman­a dilansir The Guardian. ’’Aku berbicara sebagai orang yang sudah mengabdi di semua level timnas. Sebagai pribadi yang begitu mencintai negeri ini dan jersey- nya,’’ lanjutnya.

Menulis di akun Instagramn­ya, Turan menegaskan bahwa dirinya tidak menyesali perbuatan tersebut. ’’Aku tidak akan membiarkan siapa pun berbicara buruk mengenai diriku dan keluargaku,’’ ujarnya. ’’Demi Allah, jika ada yang berani berkata jelek, bawa mereka kepadaku,’’ tambahnya.

Milliyet melaporkan, Mese bakal mengambil langkah hukum setelah tiba di Turki. (apu/c19/bas)

 ?? STR/AFP PHOTO ?? BERPAMITAN: Arda Turan menggelar jumpa pers di Portoroz, Slovenia, kemarin (7/6). Lewat jumpa pers tersebut, Turan mengumumka­n pensiun dari timnas.
STR/AFP PHOTO BERPAMITAN: Arda Turan menggelar jumpa pers di Portoroz, Slovenia, kemarin (7/6). Lewat jumpa pers tersebut, Turan mengumumka­n pensiun dari timnas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia