Jawa Pos

Menang Sejarah, Kalah Peringkat

-

INDONESIA pernah menang sepuluh gol tanpa balas atas Kamboja dalam SEA Games 1995. Tapi, itu 22 tahun lalu. Kini Kamboja tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Kekuatan sepak bola mereka secara perlahan bangkit. Kouprey Blue –julukan Timnas Kamboja– secara peringkat jauh lebih baik daripada Indonesia. Kamboja berada di posisi ke-174 dunia, satu level di atas Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia Luis Milla tertantang untuk menyalip peringkat Kamboja. Caranya, mengalahka­n Kamboja di Phnom Penh hari ini. ” Target saya, posisi Indonesia di peringkat FIFA harus lebih baik,” jelas Milla.

Bagi dia, kemenangan atas Kamboja sangat penting untuk mendongkra­k kepercayaa­n diri pemain sekaligus menjadi modal untuk meladeni Puerto Rico di Stadion Maguwoharj­o, Sleman, 13 Juni mendatang. ”Jadi, laga melawan Kamboja adalah salah satu laga penting bagi kami,” katanya.

Sementara itu, kewajiban menjalanka­n puasa tidak meng ganggu aktivitas para penggawa timnas. Winger skuad Garuda Saddil Ramdhani menyatakan, para pemain tetap menjalanka­n puasa secara normal. Program latihan di Phnom Penh dila- kukan saat malam.

”Alhamdulil­lah kami tetap berpuasa dengan lancar. Toh, waktu dan suhu di Kamboja tidak jauh berbeda dengan Indonesia,” ungkap Saddil. ”Dalam dua hari ini, kami selalu berlatih saat malam. Sekaligus untuk beradaptas­i dengan waktu pertanding­an yang akan dilangsung­kan malam hari,” ujar pemain Persela Lamongan itu. (ben/c23/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia