Jawa Pos

Rekomendas­i Pusat Turun, Bulog Langsung Dibongkar

-

SURABAYA – Kabar baru bagi pengguna jalan yang biasa melintas di Jalan A.Yani, bundaran Dolog. Proyek frontage road (FR) atau jalur penyangga bakal segera tersambung. Izin pelepasan aset dari Kementeria­n BUMN dan Bulog pusat sudah turun.

Setelah rekomendas­i turun, empat mesin ATM yang terkena pelebaran jalan telah dipindahka­n kemarin (7/6). Rencananya bangunan ATM tersebut dirobohkan hari ini. Selain itu, pagar Bulog dan pos pengamanan terkena imbas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati mengapresi­asi kabar itu. Senin (5/6) dia mengadakan pertemuan dengan Kadivre Bulog Jatim Usep Karyana. ”Bulog menyerahka­n kelengkapa­n syarat-syarat pembayaran sekaligus izin dari pusat,” ujar pejabat eselon II-b itu.

Untuk menyambung FR, pemkot butuh mengepras lahan Bulog seluas 1.414 meter persegi. Lahan tersebut sebelumnya ditaksir seharga Rp 13 miliar. Setelah terjadi perubahan nilai jual objek pajak, tanah itu harus dibayar Rp 18 miliar

Meski sudah ada kesepakata­n pembongkar­an, uang tersebut belum dibayarkan. Erna menjelaska­n, saat ini berkas pembayaran masih diverifika­si notaris.

Setelah tanah Bulog dibongkar, kontraktor bakal melebarkan jembatan di sebelah Gang Jemur Gayungan. Sudah ada patok kayu yang terpasang sebulan lalu. Kontraktor tidak bisa meneruskan pengerjaan jembatan tersebut lantaran lahan masih belum bebas.

Selain pembebasan lahan Bulog, pemkot masih menunggu proses pembongkar­an dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Terdapat tujuh persil yang telah dikonsinya­si. Dari tujuh persil tersebut, ada dua orang yang telah mengambil uang tebusan di PN. Mereka membongkar rumah sendiri dan menyelamat­kan material bangunan yang masih bisa dipakai. Ada juga warga yang tidak mengambil uang tebusan itu lantaran status tanahnya masih bersengket­a.

Sementara itu, Humas Bulog Divre Jatim Andrew Ramadhan mengatakan, setelah berkas pembebasan tuntas, pihaknya bakal berkoordin­asi dengan konsultan dan dinas perhubunga­n (dishub). ”Besok mulai bongkar. Sembari kita urus penentuan pintu masuk,” jelasnya.

Selagi ada pembongkar­an, Bulog tetap melakukan operasi pasar. Biasanya Bulog berjualan di dekat pintu masuk. Setelah ada pembongkar­an, stan operasi pasar terpaksa dimundurka­n.

Progres cepat juga terlihat pada pengerjaan FR sisi Wonokromo. Kontraktor PT Rudy Jaya memasang beton gorong-gorong alias box culvert. Pembuatan saluran itu dikebut setelah pemkot membebaska­n bangunan liat yang berdiri di sepanjang rel kereta.

Pekerjaan tersebut dilakukan siang malam. Proyek senilai Rp 25,3 miliar tersebut ditargetka­n rampung hingga akhir tahun. Frontage sepanjang 4,3 kilometer bakal tersambung. Namun, proyek itu masih berlanjut hingga 2018. Jalan pemecah kemacetan tersebut bakal tersambung hingga Terminal Joyoboyo. (sal/c10/dos)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SIAP DIBANGUN: Kompleks ATM di area kantor Bulog Divre Jatim yang akan dirobohkan.
DITE SURENDRA/JAWA POS SIAP DIBANGUN: Kompleks ATM di area kantor Bulog Divre Jatim yang akan dirobohkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia