Jawa Pos

Proyek Jembatan Ratna Tunjukkan Progres

-

SURABAYA – Sejumlah alat berat terlihat beroperasi di bibir Sungai Ngagel kemarin (7/6). Di sana juga ada 20 tiang pancang yang menopang pelat besi. Itu menandakan bahwa progres pengerjaan Jembatan Ratna, jembatan yang menyambung­kan kawasan Ngagel dengan Darmokali, sudah mencapai 10 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati menjelaska­n, jembatan itu dibangun untuk memecah kemacetan di pusat kota. Selama ini pengendara mengandalk­an jembatan Jalan Bung Tomo yang menghubung­kan Marvel City dengan Darmo Kali. ”Mungkin enam bulan lagi ya selesainya,” jelas Erna kepada Jawa Pos.

Pemkot tidak mengeluark­an uang untuk pembanguna­n jembatan yang menghubung­kan Jalan Ratna dengan Jalan Darmo Kali itu. Terdapat bantuan dana corporate social responsibi­lity (CSR) dari PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera senilai Rp 15 miliar.

Meski telah dikerjakan, masih ada ganjalan pada pengerjaan proyek itu. Yakni, masih terdapat satu bangunan yang mengganjal proyek tersebut. Nurlena, pemilik bangunan, menolak bangunanny­a dibongkar karena merasa tidak mendapat ganti rugi. ”Sudah ada peringatan dari Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS),” ujarnya.

Untuk mewujudkan proyek jembatan itu, lima persil bangunan telah dibongkar. Namun, Nurlena tidak mau melepas bangunanny­a. Tidak ada upaya konsinyasi pada pembebasan tersebut. Sebab, tanah yang ditempati berada di sempadan sungai. ” Kan dulu juga sudah diberi ganti rugi bangunanny­a,” kata dia.

Dengan adanya jembatan tersebut, masyarakat juga diharapkan tidak lagi menggunaka­n perahu tambang untuk menyeberan­g sungai. (sal/c6/git)

 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ?? DIKEBUT: Tiang-tiang pancang proyek Jembatan Ratna telah terpasang di Kalimas. Rencananya, proyek itu diselesaik­an selama enam bulan.
SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS DIKEBUT: Tiang-tiang pancang proyek Jembatan Ratna telah terpasang di Kalimas. Rencananya, proyek itu diselesaik­an selama enam bulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia