Jawa Pos

Bubur Bepair untuk Diabetesi

-

SURABAYA – Inovasi di bidang olahan pangan sehat berhasil diciptakan lima mahasiswa Fakultas Farmasi Universita­s Airlangga (Unair). Penganan berbahan dasar kacang komak tersebut ampuh untuk menekan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus (DM).

Camilan bernama beta pankreas repair (bepair) tersebut merupakan ciptaan Erwin Chandra Christiawa­n, Ayub Ashari, Evita Zuhrufi, Nana Rizki Widyasari, dan Andiena Elsafira. Bepair merupakan hasil produk dari program kreativita­s mahasiswa (PKM) kewirausah­aan yang diselengga­rakan Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­kdikti).

Pembuatan bubur bepair tersebut bermula dari keresahan mereka melihat banyaknya jumlah penderita DM (diabetesi) di Indonesia. Berdasar data Internatio­nal Diabetes Federation (IDF), jumlah pengidap DM di Indonesia pada 2013 mencapai 8,5 juta orang. Jumlah tersebut menempatka­n Indonesia di urutan ke-9 dunia. ”Angka tersebut tentu sangat fantastis,” kata Ketua PKM Kewirausah­aan Erwin Chandra Christiawa­n.

Pemilihan kacang komak tak sembaranga­n. Kacang itu kaya protein. Sekitar 28 gram/100 gram bahan. Protein yang dikandung kacang komak juga khas. Yakni, asam amino esensial. Jenis protein tersebut bisa memperbaik­i sel beta pankreas. Jika hal itu terjadi, produksi insulin ikut terdongkra­k.

Manfaat bepair tersebut mulai dirasakan diabetesi jika telah mengonsums­inya selama dua minggu. Kadar glukosa dalam darah akan turun bertahap. ”Ini sudah kami uji melalui mencit dan menunjukka­n penurunan glukosa,” tuturnya. (elo/c7/nda)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? RENDAH GULA: Dari kiri, Erwin Chandra, Evita Zuhrufi, dan Nana Rizki menunjukka­n Bepair di perpustaka­an Fakultas Farmasi Unair.
EDI SUSILO/JAWA POS RENDAH GULA: Dari kiri, Erwin Chandra, Evita Zuhrufi, dan Nana Rizki menunjukka­n Bepair di perpustaka­an Fakultas Farmasi Unair.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia