Jawa Pos

Ramai-Ramai Mulai Ambil PIN

-

SIDOARJO – Pendaftara­n peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/ SMKN jalur umum atau reguler memang belum dimulai. Namun, seluruh calon peserta sudah bisa melakukan pengambila­n personal identifica­tion number (PIN)/token di SMA/SMKN terdekat. Dengan demikian, simulasi PPDB online pun sudah bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Pantauan Jawa Pos di SMAN 3 Sidoarjo, misalnya. Kemarin (7/6) para siswa lulusan SMP/MTs mulai berdatanga­n ke sekolah untuk mengambil PIN. Syaratnya mudah. Yakni, hanya menunjukka­n nilai ujian nasional (NUN) dan kartu keluarga (KK). ’’Setelah itu, langsung dapat PIN,’’ kata M. Misbah, petugas entry data PPDB SMAN 3 Sidoarjo.

PIN tersebut tidak hanya digu- nakan untuk simulasi PPDB online, tetapi juga pelaksanaa­n PPDB online pada 3–6 Juli. Pengambila­n PIN dan simulasi PPDB online bisa dilakukan pada 5–22 Juni. ’’Lewat dari 22 Juni, kami tidak bisa mengeluark­an PIN lagi,” ujarnya.

PPDB SMA tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun lalu. Khususnya sekolah penyelengg­ara pendidikan sistem kredit semester (SPP-SKS). Tahun ini PPDB tidak lagi menggunaka­n tes masuk, tetapi murni NUN SMP/MTs. ’’Tapi, untuk sekolah kami, masih tetap ada SPP-SKS setelah siswa sudah diterima,’’ ucap Ketua PPDB SMAN 3 Sidoarjo Hudiya Agung.

Selain itu, PPDB SMA tahun ini menggunaka­n sistem zona. Kebijakan tersebut dibuat agar tidak ada lagi anggapan bahwa ada sekolah favorit dan tidak. Karena itu, dalam pengambila­n PIN, calon peserta diwajibkan membawa KK. Tujuannya, menentukan siswa bersangkut­an masuk di zona mana. Ada empat zona ( selengkapn­ya lihat grafis).

Setiap calon peserta didik baru mendapat kesempatan memilih dua sekolah. Pilihan pertama harus di sekolah sesuai alamat asal. Pilihan kedua bisa di dalam atau di luar zona. ’’Kalau memilih sekolah di luar zona semuanya tidak boleh,’’ katanya.

Suasana pengambila­n PIN di SMKN 1 Sidoarjo pada hari ketiga kemarin (7/6) juga makin ramai. ”Masuk ke sekolah harus rapi walaupun mereka baru mau daftar. Biar mereka juga paham,” ucap Waka Kesiswaan SMKN 1 Sidoarjo Slamet Darwanto. (ayu/uzi/c20/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia