Jawa Pos

Menu Spesial Kota Pudak

-

GRESIK – Kota Pudak memiliki beragam makanan tradisiona­l yang masih lestari hingga kini. Salah satunya, bubur waduk dan bubur masin. Dua makanan itu hanya dijumpai saat Ramadan. Wafiyyah Bahasuan, model asli kelahiran Gresik, menuturkan bahwa dirinya mengenal dua jenis bubur itu sejak kecil. Sebab, Nurul Azizah, sang ibu, selalu membuat dan menjual bubur tersebut saat Ramadan. ’’Tapi, banyak juga anak muda kelahiran Gresik yang belum tahu bubur waduk maupun bubur masin,’’ kata Wefy, sapaan akrab Wafiyyah. Hal itu membuat Wefy kerap menjelaska­n kepada teman-temannya mengenai bubur khas Kota Pudak tersebut. Selain itu, perempuan 26 tahun tersebut kerap membantu sang ibu membuat bubur. Tujuannya, keahlian memasak makanan khas itu bisa diwariskan secara turun-temurun. ’’Bahan baku dan cara pembuatann­ya juga simpel,’’ tuturnya.

Wefy menyebutka­n, bubur waduk buatan ibunya punya cita rasa yang berbeda. Sebab, ada rasa sup. ’’Jadi, rasanya nggak anyep. Misalnya, cuma dimakan bubur tanpa dicampur waduk juga sudah enak,’’ ucapnya.

Ya, bubur dari beras putih itu memang dicampur tambahan lauk waduk sebagai pelengkap. Isi utamanya ada irisan krecek, tempe, dan udang. Isian tersebut diolah dengan aneka bumbu seperti ketumbar, cabai, bawang, lengkuas, dan kemangi. Selain itu, ada tambahan santan dan parutan kelapa muda.

Selain itu, Nurul membuat bubur masin dari bahan utama beras jagung. Dalam proses pembuatann­ya, bubur berwarna oranye itu diberi santan, belimbing wuluh, dan daun kemangi. ’’Masin dimakan langsung dengan kerupuk udang,’’ paparnya. (hay/c15/dio)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? LESTARIKAN KULINER RAMADAN: Nurul Azizah (kiri) dan Wafiyyah Bahasuan memperliha­tkan bubur waduk (kiri) dan bubur masin yang merupakan kuliner khas Kota Giri saat Ramadan.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS LESTARIKAN KULINER RAMADAN: Nurul Azizah (kiri) dan Wafiyyah Bahasuan memperliha­tkan bubur waduk (kiri) dan bubur masin yang merupakan kuliner khas Kota Giri saat Ramadan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia