Jawa Pos

Buka 600 Konter Penukaran Uang Baru

-

SURABAYA – Menjelang Lebaran, animo penukaran uang pecahan meningkat drastis. Terutama uang pecahan edisi NKRI tahun emisi 2016. Bank Indonesia (BI) Jawa Timur mengantisi­pasi kebutuhan uang menjelang Lebaran sebesar Rp 29,6 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah menyatakan, kebutuhan uang diperkirak­an tumbuh 36,3 persen jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Cuti bersama, pembayaran tunjangan hari raya, dan gaji pegawai berkontrib­usi terhadap peningkata­n kebutuhan uang. ”Daya beli masyarakat me- ningkat dan itu mendorong peningkata­n kebutuhan uang tunai,” kata Difi.

Koordinasi perbankan ditekankan untuk mengurangi risiko ketidakmam­puan pemenuhan uang karena penarikan yang berlebihan. ”BI juga mendistrib­usikan uang ke berbagai daerah hingga pulau terluar di Jatim seperti Bawean dan Sapudi,” tutur Difi.

BI juga telah membuka 600 outlet penukaran uang di Jawa Timur. BI bekerja sama dengan bank BUMN, bank swasta, dan BPR. Penukaran uang dilayani sejak 6 Juni lalu dan berlangsun­g hingga 22 Juni mendatang. Penukaran uang di outlet tersebut hanya dilayani pada Selasa, Rabu, dan Kamis mulai pukul 10.00 hingga 12.00.

BI juga menggelar kas keliling di sejumlah tempat. Antara lain Lapangan Makodam Brawijaya, Jembatan Merah Plaza, Tugu Pahlawan, Genteng Kali, BG Junction, dan Armatim. ”Ada sebelas bank umum yang terlibat dalam kegiatan penukaran bersama,” jelasnya.

Penukaran uang dibatasi maksimal Rp 3,7 juta per orang; terdiri atas uang pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000. (res/c11/noe)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MASIH ANYAR: Kasir Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur Sutrisno menata uang yang akan didistribu­sikan ke bank-bank di Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS MASIH ANYAR: Kasir Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur Sutrisno menata uang yang akan didistribu­sikan ke bank-bank di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia