Jawa Pos

Batal ke Houston, Pindah ke LA

Timnas Basket Bawa 14 Pemain

-

JAKARTA – Timnas basket terus menguji kemampuann­ya di kancah internasio­nal sebelum berlaga di SEA Games 2017. Kini para penggawa timnas sudah berada di Los Angeles, Amerika Serikat, untuk melakoni TC intensif selama 12 hari.

Ya, karena kendala teknis, tim pelatih akhirnya memindah lokasi TC-nya ke Los Angeles. Sebelumnya, mereka dijadwalka­n menjalani TC di Houston. Meski demikian, mereka tetap akan meladeni sejumlah klub lokal sebagai lawan uji coba di Negeri Paman Sam itu.

”Untuk sparing, kami belum bisa menentukan­nya. Sebab, keputusan kami untuk memindahka­n lokasi TC terhitung sangat mendadak. Sementara kami akan fokus latihan simu- lasi internal saja dulu sambil menunggu sparing yang tepat,” ujar Suhadi, manajer timnas.

Timnas hanya membawa 14 pemain dalam lawatannya ke Amerika Serikat. Dari 15 pemain yang mengikuti TC di Batam lalu, hanya Mei Joni yang tidak diboyong tim pelatih. ”Sebenarnya kami ingin tetap membawa 15 pemain ke sini. Namun, dananya belum cukup. Sampai menitmenit akhir berangkat, kami belum bisa menemukan donatur,” jelasnya.

Pelatih timnas Wahyu Widayat Jati menuturkan, sebenarnya dirinya sudah menentukan 12 nama pemain untuk memperkuat timnas hingga batas waktu entry by name Satlak Prima pada 1 Juli nanti. Namun, pelatih yang karib disapa Cacing tersebut masih memberikan kesempatan terakhir kepada Mario Wuysang dkk sebagai alternatif lain dalam menentukan strategi permainan.

”Pada akhirnya, kami tetap akan mengerucut­kan pemain hingga 12 orang saja untuk di SEA Games. Mau tidak mau, para pemain wajib menunjukka­n performa yang impresif karena persaingan internal bakal lebih ketat. Hanya dua pemain yang akan dicoret,” katanya.

Pelatih yang juga mengarsite­ki CLS Knights itu menambahka­n, saat ini kondisi para pemainnya sudah mencapai 90 persen. Ha nya butuh sedikit polesan dan pe nguatan kerja sama tim sebe lum mereka terjun di SEA Games.

Timnas basket akan berada di Los Angeles hingga 23 Juni mendatang. Setelah itu, mereka diberi waktu libur Lebaran hingga kembali menjalani TC intensif di Batam pada 1–14 Juli. Arki Dikania Wisnu dkk juga dijadwalka­n menjalani uji coba di Lithuania pada 15 Juli. (tif/c24/tom)

 ?? ZAINUL AHMAD/BATAM POS.JPG ?? PERSIAPAN: Sandy Febriansya­h ( kanan) dibayangi Arki Dikania Wisnu dalam latihan di Batam pekan lalu.
ZAINUL AHMAD/BATAM POS.JPG PERSIAPAN: Sandy Febriansya­h ( kanan) dibayangi Arki Dikania Wisnu dalam latihan di Batam pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia