Jawa Pos

Nadal Menuju Nomor Satu

-

PARIS – Sang raja tanah liat Rafael Nadal nyaris sukses meraih semua yang dia inginkan dari lapangan favoritnya tahun ini. Gelar kesepuluh Prancis Terbuka yang direngkuh Nadal pada Minggu kemarin membuat namanya semakin melambung. Asanya untuk kembali bercokol di pertama dunia muncul lagi.

Sebab, tambahan 2.000 poin dari kemenangan di Prancis Terbuka membuat Nadal kini resmi kembali bercokol di

kedua ATP (Asosiasi Tenis Putra). Jaraknya dengan ranking pertama dunia Andy Murray pun tercatat tipis, hanya 2.605 poin. Alhasil, ranking kedua dunia menjadi ranking tertinggi Nadal sejak 2014.

Capaian Nadal itu sekaligus memaksa mantan nomor satu dunia Novak Djokovic menerima kenyataan pahit. Petenis Serbia tersebut kini melorot ke posisi keempat. Itu adalah ranking terendah Nole –sapaan Djokovic– dalam tujuh setengah tahun terakhir.

Kekalahan Djokovic dalam perempat final Prancis Terbuka 2017 oleh Dominic Thiem membuatnya gagal mempertaha­nkan gelar yang direngkuh musim lalu.

keempat dunia merupakan

terendah yang didapat Djokovic sejak 2009.

Setelah bermain dahsyat sepanjang musim, kini petenis kidal itu digadang-gadang mampu kembali merasakan peringkat teratas. Sepanjang karir, Nadal selama 141 minggu berada di

pertama dunia. Kali terakhir dia berada di posisi itu pada Juli 2014.

Sepanjang 2017, Nadal mem- bukukan rekor hebat mencapai 43-6. Peringkatn­ya pun naik tujuh tingkat sejak Januari. ”Jika bisa terus menjadi juara, kamu akan punya peluang mendapat

berapa pun yang kamu inginkan,” kata Nadal sebagaiman­a dilansir AFP. ”Saya baru memenangka­n gelar terpenting musim ini. Jadi, saya hanya memikirkan itu saja saat ini,” ungkap petenis 31 tahun tersebut.

Di lain sisi, ranking di sektor tenis tunggal putri juga bergeser cukup signifikan. Jawara Prancis Terbuka Jelena Ostapenko asal Latvia melejit dari peringkat ke-47 ke ranking ke12 WTA (Asosiasi Tenis Putri).

Posisi Serena Williams yang sedang cuti hamil kini melorot ke peringkat keempat. Peringkat Serena sebelumnya, yakni ranking kedua, diduduki finalis Prancis Terbuka Simona Halep (Rumania).

Kenaikan ranking yang signifikan pun dialami mantan ranking pertama dunia asal Denmark Caroline Wozniacki. Setelah mampu menembus perempat final Prancis Terbuka untuk kali pertama sejak 2010, Wozniacki kini kembali menembus sepuluh besar. Dia sekarang berada di

ketujuh dunia setelah bertengger di peringkat ke-12. (irr/c23/ady)

 ??  ?? Ranking ranking ranking ranking ranking
Ranking ranking ranking ranking ranking
 ??  ?? ranking
ranking
 ??  ?? grand slam ranking ranking
grand slam ranking ranking

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia